doa saat melihat musibah

Doa Kala Melihat Orang Terkena Bencana

Posted on

Berbagai bencana alam banyak terjadi di dunia ini. Kita pun terkadang melihat orang-orang yang terkena bencana itu. Tidak hanya di dalam negeri saja. Di luar negeri pun banyak juga terjadi. Tidak sedikit korban baik harta maupun jiwa meninggal dunia akibat bencana tersebut. Kita semua prihatin atas segala bencana yang terjadi tersebut.

Melihat kejadian seperti itu kita sebaiknya membaca doa melihat bencana. Berdoa menjadi sesuatu bentuk ibadah yang diperintahkan. Amatlah penting mengenai masalah doa ini. Terlebih lagi kala banyak bentuk bencana yang menimpa orang-orang di muka bumi. Ditambah lagi kita melihat orang-orang yang terkena musibah bencana alam tersebut.

Beberapa jenis bencana alam yang kini banyak terjadi antara lain: banjir, tanah longsor, angin puting beliung, angin topan, gunung meletus, kekeringan, kebakaran, gempa bumi, dan lain sebagainya. Bahkan mungkin masih banyak lagi aneka jenis bencana yang terjadi di muka bumi ini. Setiap bencana menyisakan duka yang mendalam bagi mereka yang terkena dampaknya. Namun, semua pasti akan ada hikmahnya.

Tiap kali melihat hal itu sebaiknya kita membaca doa melihat bencana. Di zaman seperti sekarang ini, seseorang melihat itu tidak mesti dengan ada di dekat kejadian. Atau jauh dari lokasi kejadian namun masih bisa dilihat langsung oleh kedua indera dengar seseorang. Dengan kita melihat siaran berita televisi yang menyiarkan sebuah kejadian bencana maka itu juga termasuk dalam konteks melihat sebuah bencana alam.

Pun, demikian dengan kita menggunakan handphone. Dengan mudah kita melihat aneka berita dan informasi di dunia ini tanpa batas. Dalam arti apa saja yang terjadi di dunia ini bisa dilihat dengan mudahnya. Tidak ada batasan wilayah negara dalam melihat berita. Dengan adanya internet maka cukup dengan menulis dan klik di handphone kita bisa simak berita di seluruh dunia.

Maka amatlah mudah seseorang melihat informasi di seluruh dunia ini. Segala informasi yang terjadi di belahan dunia dapat kita ketahui dengan mudah. Tak hanya mudah tetapi akan begitu cepatnya informasi tersebut sampai di hadapan kita. Dari berbagai informasi tersebut tidak jarang berupa kejadian bencana dan musibah yang melanda.

Doa melihat bencana

Maka begitu pentingnya kita membahasa mengenai doa kala melihat orang yang terkena bencana alam. Mungkin masih ada di antara sobat ngaji yang belum mengetahui lafadznya. Berikut kami tuliskan doanya.

doa kala melihat bencana

latinnya:
ALHAMDULILLAHIL LADZII ‘AAFAANII MIMMAB TALAAKA BIH, WA FADDHALANII ‘ALA KATSIIR MIMMAN KHALAQA TAFDHILAA.

Yang artinya:
Segala puji bagi Allah yang telah melindungi aku dari cobaan yang telah menimpamu, dan yang telah memberikan aku anugerah di atas kebanyakan makhluk-Nya yang lain.

Tidak terlalu panjang doanya. Kita bisa mudah untuk untuk menghafalkannya. Sebagai tambahan pengetahuan juga bahwa doa saat melihat bencana tersebut juga bisa dibaca kala kita melihat sesuatu yang tidak menyenangkan diri kita. Apa pun tersebut. Fenomena atau kejadian yang tidak menyenangkan kini banyak terjadi. Ditambah lagi dengan mudahnya informasi kita peroleh.

Ada beberapa contoh hal-hal yang tidak menyenangkan yang kita lihat. Misalnya saja ada orang yang menderita sakit begitu berat, orang yang mengalami kesulitan hidup, orang yang susah payah dalam urusan keduniaannya, dan orang yang melakukan perbuatan kemaksiatan yang dibenci oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Melihat berbagai kejadian yang tidak kita senangi tersebut maka kita langsung saja untuk membaca doa di atas.

Hanya saja, baik kita melihat bencana dan segala kejadian yang tidak disenangi lantas membaca doa tersebut tentu ada adabnya. Mengenai adab yang perlu kita ketahui yakni cara membacanya doa dengan sirr atau pelan. Jangan sampai orang yang terkena musibah atau bencana serta kesulitan tersebut mendengarnya. Ini bagian adab yang mesti diperhatikan oleh kita. Sebagai tambahan juga, kita pun juga perlu untuk mendoakan orang yang terkena musibah serta bencana itu diberi kesabaran dan segera diangkat musibah serta bencananya.