Bacaan Doa Shalat Istikharah Jodoh Lengkap Latin dan Artinya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Teman-teman yang berbahagia dan semoga selalu dalam lindungan Allah Subhanahu wa taala. Kali ini saya mau berbagi tentang doa shalat istikharah jodoh lengkap latin dan artinya. Masalah jodoh memang menjadi perhatian serius bagi setiap muslim dan muslimah. Utamanya bagi para pria dan wanita yang belum menikah. Mencari pasangan hidup bisa dikatakan mudah. Tapi kadang bisa juga disebut tak gampang. Terutama kalau disesuaikan dengan kriteria yang dimilki. Tiap muslim punya kriteria tertentu dalam memilih pasangan hidup. Setidaknya ada empat kriteria yakni kecantikannya atau ketampanannya, kekayaan atau hartanya, keturunannya, dan terakhir adalah tentang agamanya. Mengenai yang terakhir ini tidak boleh ditinggalkan bila seseorang mencari jodoh. Kriteria tentang agama seseorang menjadikan keberuntungan di dunia dan di akhirat kelak. Tetapi ada kalanya, ada beberapa orang yang sepertinya memiliki tingkat kesamaan dalam kecantikan atau kegantengan, hartanya, keturunan, dan juga kebaikan dalam agama Islam. Tentu hal ini menjadikan suatu kebingungan tersendiri untuk memilih salah satu dari beberapa orang calon tersebut.

Sebelum memutuskan memilih jodoh atau pasangan hidup, seorang muslim hendaknya memohon restu dari kedua orang tua. Baik bagi seorang laki-laki maupun perempuan. Pertimbangan dari orang tua memang penting untuk kita perhatikan. Nasihat dari mereka mestinya kita dengarkan dengan baik. Setelah itu, kita pun tidak boleh lupa untuk memohon petunjuk kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Kebingungan itu insya Allah akan segera terjawab. Salah satu caranya dengan membaca doa shalat istikharah. Bacaan ini dibaca tatkala sudah selesai shalat istikharah. Berikut doanya :

doa shalat istikharah

Latinnya :
ALLAAHUMMA INNII ASTAKHIIRUKA BI’ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDRATIKA, WA AS-ALUKA MIN FADHLIKAL ADHIIMI, FA INNAKA TAQDIRU WA LAA AQDIRU WA TA’LAMU WA LAA A’LAMU, WA ANTA ‘ALLAAMUL GHUYUUB.
ALLAAHUMMA INKUNTA TA’LAMU ANNA HAADZAL AMRA {-sebutkan masalahnya di sini-} KHAIRULII FII DIINII WA MA’AASYII WA ‘AAQIBATI AMRII FAQDURHU LII WAYASSIRHU LII TSUMMA BAARIKLII FIIHI.
WA IN KUNTA TA’LAMU ANNA HAADZAL AMRA SYARRULII FII DIINII WA MA’AASYII WA ‘AAQIBATI AMRII FASHRIFHU ‘ANNII WASHRIFNII ‘ANHU WAQDUR LI YAL KHAIRA HAITSU KAANA TSUMMA ARDLINII BIH.
Artinya :
” Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat pada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuatan-Mu, aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak tahu. Engkaulah yang mengetahui perkara yang gaib.
Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini {-sebutkan masalahnya di sini-} baik bagiku dalam urusanku di dunia dan di akhirat, maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku, maka palingkanlah ia dariku, dan palingkanlah aku darinya, dan takdirkanlah yang terbaik untukku apapun keadaannya dan jadikanlah aku ridha dengannya. ”

Atau yang kedua :

doa shalat istikharah

Latinnya :
ALLAAHUMMA INNII ASTAKHIIRUKA BI’ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDRATIKA, WA AS-ALUKA MIN FADHLIKAL ADHIIMI, FA INNAKA TAQDIRU WA LAA AQDIRU WA TA’LAMU WA LAA A’LAMU, WA ANTA ‘ALLAAMUL GHUYUUB.
ALLAAHUMMA INKUNTA TA’LAMU ANNA HAADZAL AMRA {-sebutkan masalahnya di sini-} KHAIRULII FII AAJILI AMRII WA AAJILIHI FAQDURHU LII WAYASSIRHU LII TSUMMA BAARIKLII FIIHI.
WA IN KUNTA TA’LAMU ANNA HAADZAL AMRA SYARRULII FII AAJILI AMRII WA AAJILIHI FASHRIFHU ‘ANNII WASHRIFNII ‘ANHU WAQDUR LI YAL KHAIRA HAITSU KAANA TSUMMA ARDLINII BIH.
Artinya :
” Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat pada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuatan-Mu, aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak tahu. Engkaulah yang mengetahui perkara yang gaib.
Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini {-sebutkan masalahnya di sini-} baik bagiku dalam agama, kehidupan, dan akhir urusanku, maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagiku dalam urusanku di dunia dan akhirat), maka palingkanlah ia dariku, dan palingkanlah aku darinya, dan takdirkanlah yang terbaik untukku apapun keadaannya dan jadikanlah aku ridha dengannya. ”

Shalat sunah ini jumlah rakaatnya dua. Tidak boleh lebih. Sebab inilah yang dituntunkan Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam. Waktu mengerjakannya bebas. Boleh malam hari atau pun di siang hari. Misalnya sangat baik bila sobat ngaji mengerjakannya di saat sepertiga malam akhir. Dimana orang lain sedang terlelap tidur. Namun, sobat bangun untuk menengadahkan tangan memohon petunjuk kepada-Nya. Tidak akan rugi orang yang melakukan istikharah ini. Tak akan menyesal nantinya. Karena seseorang itu telah melibatkan Allah di dalam ia memutuskan suatu masalah. Kala sobat lagi bingung dan galau dalam memutuskan suatu problem kehidupan, misalnya dalam hal ini adalah memilih jodoh. Maka membaca doa shalat istikharah ini merupakan jalan terbaik untuk menyelesaikan kebingungan tersebut. Allah Subhanahu wa ta ‘ala akan membalas doa seseorang dengan memberi petunjuk. Munculah di hati akan hadirnya kemantapan terhadap sebuah pilihan. Kita selalu membutuhkan petunjuk atas segala permasalah hidup ini. Demikian semoga bermanfaat untuk para sobat pembaca yang berbahagia. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.