tips memilih mukena bagus

Tips Memilih Mukena Yang Bagus

Posted on

Perlengkapan ibadah menjadi hal yang tidak boleh dilupakan oleh kita sebagai seorang muslim. Bukankah ibadah itu kebutuhan pokok kita sobat ngaji? Semua tentu setuju akan hal ini. Khusus bagi muslimah maka sudah pasti mengenal yang namanya mukena. Ibadah shalat wajib lima waktu dijalankan dengan menutup aurat secara baik.

Untuk menutup aurat merupakan kewajiban bagi tiap muslimah. Khususnya saat hendak menjalankan shalat. Baik itu shalat wajib lima waktu atau pun shalat yang lainnya. Meskipun kalau menggunakan pakaian lainnya asalkan menutup aurat maka tetap dibolehkan juga sebenarnya. Tapi kalau mengenakan mukena maka itu dirasakan lebih nyaman dan aman. Dalam arti aurat sobat ngaji muslimah pasti akan benar-benar tertutup rapi.

Dalam kita memakai mukena maka kita perlu juga memilih yang bagus. Mukena sering kita kenakan dalam kehidupan sehari-hari. Setidaknya dalam sehari ada lima waktu kita memakai mukena. Sebab jumlah shalat dalam sehari semalam itu ada 5 waktu. Kalau kita tambah dengan mengerjakan shalat sunah lainnya maka bisa lebih dari 5 waktu kita kerjakan. Misalnya saja mengerjakan shalat tahajud dan shalat dhuha.

Tips Memilih Mukena Yang Bagus

Pemilihan mukena menjadi sangatlah penting. Kita sebelum hendak membeli mukena semestinya memilih mukena yang bagus. Dengan begitu kita akan bisa lebih nyaman dalam beribadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Kali ini, kami akan bagikan beberapa tips dalam memilih mukena. Silakan sobat ngaji semuanya menyimaknya.

  1. Memilih berdasarkan ukuran
    Pastikan ukuran mukena yang kita pilih tepat. Kadang banyak orang yang menganggap sepele masalah ukuran mukena ini. Dianggapnya bahwa ukuran dari mukena tidaklah begitu penting untuk diperhatikan ketika hendak memilihnya. Pada pokoknya, dalam memilih mukena pastikan yang ukurannya jauh lebih besar dari tubuh kita. Meskipun pada saat mengenakannya kita memakai pakaian. Dengan ukuran yang pas maka menggunakan mukena menjadi nyaman. Shalat pun dikerjakan tanpa ada rasa yang kurang enak.
  2. Memilih mukena berdasarkan model
    Ada beberapa model mukena yang bisa dipilih. Apalagi di zaman sekarang yang dunia mode begitu berkembang pesat. Dulu kita kenal mukena itu ada dua bagian. Bagian atas dan juga bawah. Ada pula yang terusan. Mirip seperti gamis tetapi besar. Ada juga mukena yang tanpa tutup kepala. Semuanya bisa kita pilih. Yang terpenting adalah bisa menutup aurat seluruh tubuh sehingga shalat kita sah.
  3. Memeriksa bahan dari mukena
    Mukena tentu ada berbagai jenis bahan yang ada. Sebelum kita membeli mukena maka sangat penting untuk kita memeriksa bahan dari mukena tersebut. Jangan hanya asal membeli saja. Sebab bahan dari mukena ini akan sangat menentukan dalam merasakan kenyamanan dalam memakainya. Ada beberapa kain bahan yang direkomendasikan seperti: katun, spandek, dan rayon. Bahan ini termasuk paling nyaman dipakai sebab dingin dan ringan. Kainnya juga halus ketika mengenai kulit kita.
  4. Pilih yang jahitannya kuat dan rapi
    Setiap mukena pasti ada jahitannya. Sebab untuk menyatukan dua atau lebih helai kain pasti dengan dijahit supaya kuat. Maka masalah jahitannya menjadi perhatian penting. Dengan jahitan yang kuat maka mukena pun akan lebih awet. Termasuk juga memperhatikan kerapian dari jahitan ini. Bila jahitannya rapi tentu kita akan senang melihatnya.
  5. Pastikan harganya terjangkau
    Bagi orang kaya raya mungkin harga tidaklah menjadi masalah. Akan tetapi, untuk banyak orang masalah harga dari sebuah produk mukena akan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Bila terlalu mahal maka tidak akan dibeli. Kebutuhan manusia yang banyak menjadi alasannya. Jangan sampai uang kita tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan hidup kita hanya karena membeli mukena. Bijak dalam menggunakan uang dalam membeli mukena ini amat penting pula.
  6. Perhatikan adakah kantongnya
    Dengan adanya kantong maka akan memudahkan kita dalam menyimpan mukena. Bila ada kantongnya maka mukena akan lebih mudah disimpan dan rapi. Setiap wanita muslimah tentu sangat ingin mukenanya tersimpan dengan rapi tiap hari. Sebab tiap hari pula mukena tersebut digunakannya.

Itulah beberapa tips dalam memilih mukena yang bagus. Semoga hal itu memberi manfaat bagi sobat ngaji semuanya.