doa untuk pengantin

Doa Untuk Pengantin Baru Lengkap Arab dan Latinnya

Posted on

Doa dan ucapan untuk pengantin baru lengkap arab latinnya agar mereka berbahagia sering diucapkan. Menikah merupakan bagian dari sunah. Tak hanya sebuah ikatan untuk menjalin cinta kasih antar dua sesama manusia yang berbeda latar belakang. Menikah adalah bagian ibadah kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Setiap orang yang menikah pada hakikatnya telah membuat perjanjian agung. Kedua mempelai telah berjanji untuk hidup bersama.

Untuk sobat ngaji yang sudah menikah, berbahagialah dengan telah melaksanakan satu amalan mulia dalam agama Islam. Untuk yang belum menikah, semoga dimudahkan Allah subhanahu wa ta’ala agar bisa segera menikah. Seseorang laki-laki dan perempuan kalau belum menikah maka tidak ada ikatan apa-apa antara keduanya. Sebelum menikah maka mereka berdua tidak boleh melakukan apa-apa. Namun bila telah menikah keduanya, dua orang insan ini bebas melakukan sesuatu yang sebelumnya diharamkan. Artinya setelah menikah dua orang manusia itu halal untuk bersentuhan, berpegangan, dan lain-lain.

Kita sebagai bagian dari masyarakat seringkali mendapat undangan untuk menghadiri acara pernikahan. Bahkan kalau di bulan-bulan tertentu, misalnya bulan syawal, sehari bisa lima undangan. Ada rasa gembira tatkala mendengar teman, kerabat, saudara, rekan kerja, dan tetangga akan melaksanakan pernikahan. Terkadang, sering kita jumpai mereka yang datang pada acara walimahan atau resepsi pernikahan hanya datang, memberi sumbangan, mengucapkan selamat kepada kedua mempelai, dan makan hidangan yang disajikan, lantas pulang. Ada satu yang ketinggalan. Apa itu? Doa sesuai yang dicontohkan Rasulullah Saw. Seuntai doa pendek kita turut panjatkan ke hadirat Allah Yang Maha Pemurah. Doa itu yakni :

doa untuk pengantin

BAAROKALLOOHU LAKA WA BAAROKA ‘ALAIKA WA JAMA’A BAINAKUMAA FIII KHOIR.

Artinya :
Semoga Allah memberi keberkahan kepadamu dan atasmu serta mengumpulkan kamu berdua dalam kebaikan.

Banyak makna mulia yang terkandung dalam doa tersebut. Diantaranya ialah semoga Allah memberikan berkah (yang bermanfaat) untukmu”, baik berkah itu dalam urusan dunia maupun akhirat, baik berkah itu disaat rumah tanggamu sedang harmonis atau tidak, baik berkah itu pada rizki dan nafkah yang kau berikan kepada istri atau pada yang lainnya, baik berkah itu dari istrimu atau dari yang lain, baik berkah itu dalam hakmu atau kewajibanmu. Kemudian, semoga Allah subhanahu wa ta’ala mengumpulkan kalian berdua (suami dan istri) dalam kebaikan.

Pokoknya kalau seseorang dalam hidupnya mendapatkan keberkahan maka pastilah ia menjadi orang yang berbahagia. Berkah kadang juga disebut barokah. Pengertian mengenai berkah atau keberkahan sendiri yakni bertambahnya kebaikan. Bisa diartikan juga kebaikan yang banyak. Coba bayangkan kalau seseorang mendapatkan kebaikan yang banyak. Tentu saja orang tersebut bahagia sekali bukan?

Kalau dalam pernikahan dan kemudahan mendapat keberkahan tentu akhirnya menjadi bahagia betul. Baik sang suami dan istri akan merasakan bahagia. Maka tidaklah heran kalau disebutkan bahwa dikatakan rumahku surgaku. Rumah tangga bagaikan surga bagi suami istri dan anak-anaknya. Inilah yang menjadi harapan setiap pasangan suami istri. Maka sangatlah tepat bila seseorang membaca doa untuk pengantin baru.

Menikah tidak hanya mengumpulkan dua orang, laki-laki atau perempuan. Namun lebih dari itu, dua keluarga dari pihak suami maupun istri pun turut disatukan untuk mewujudkan kekalnya kebahagiaan. Jadi, banyak sekali hikmah dalam suatu pernikahan. Doa yang kita ucapkan sangatlah penting dan berarti kepada kedua mempelai. Sehingga diharapkan kita tak melupakannya. Semoga artikel ini bermanfaat kepada semuanya. Doa untuk pengantin baru ini insya Allah, bisa menjadi tambahan amal sholeh kita. Amiin.

Sumber: https://poskajian.blogspot.com/2018/04/doa-pengantin-baru-lengkap-arab-latin.html