Doa Untuk Orang Tua DiLengkapi Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Bagaimana kabar sahabat semua hari ini? Semua pada baik-baik saja kan? Alhamdulillah kalau begitu. Kebaikan memang menjadi harapan kita selalu. Pada momen yang bagus ini kami mencoba mengulas tentang orang tua. Tidak ada satu pun diantara kita yang terlahir di dunia ini tanpa melalui rahim ibu. Ia bersama ayah merupakan sosok yang berjasa besar. Kalau disebut orang tua maka yang dimaksud ialah ayah dan ibu. Hanya saja mengenai sebutan atau panggilan ini bisa berbeda-beda antar satu daerah dengan daerah lainnya. Tetapi maksud dan tujuannya tetaplah sama saja.

Ketika seseorang memanggil orang tentu tidak langsung ke namanya. Tetapi melalui kata panggilan yang sopan. Misalnya untuk memanggil ayah dengan kata ayahanda, bapak, abi, dan papa. Lalu untuk memanggil sang ibu dengan kata ibunda, bunda, ummi, dan mama. Sebagai seorang anak yang shaleh kita senantiasa diperintahkan Allah untuk berbakti kepada kedua orang tua. Perintah tersebut tercantum di beberapa ayat Al-Quran. Diantara ayat Al-Quran itu adalah

  1. Surat Al-Isra ayat 23-24.
    Artinya :
    (23). dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau Kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka Perkataan yang mulia.
    (24). dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”.
  2. Surat Al-Ankabut ayat 8.
    Artinya :
    (8). dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu- bapaknya. dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu. Maka janganlah kamu mengikuti keduanya. hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.
  3. Surat Luqman ayat 14-15.
    Artinya :
    (14). dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.
    (15). dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu. Maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu. Maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.
  4. Surat An-Nisa ayat 36.
    Artinya :
    (36). sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, Ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.

Banyak sekali bentuk berbakti kepada orang tua itu. Diantara bentuk berbakti kepada orang tua ialah mentaati segala perintahnya terkecuali perintah untuk bermaksiat, mendengarkan nasihatnya, memenuhi kebutuhannya, menjaga nama baiknya, menyambung silaturahmi dengan keluarga, dan mendoakannya. Nah, mengenai bacaan doa untuk orang tua itu yakni :

Doa Untuk Orang Tua Lengkap Latin dan Artinya

Latinnya :
RABBIGHFIRLII WALI WAALIDAYYA WARHAM HUMMA KAMAA RABBAYAANII SHAGHIIRAA.
Artinya:
” Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil “.

atau doa yang kedua :

Contoh Doa Untuk Orang Tua

Latinnya :
ALLAAHUMMAGHFIRLII WALI WAALIDAYYA WARHAM HUMMA KAMAA RABBAYAANII SHAGHIIRAA.
Artinya:
” Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil “.

atau baca doa yang ketiga :

Doa Untuk Orang Tua

Latinnya :
RABBIRHAM HUMAA KAMAA RABBA YAANII SHAGIIRAA.
Artinya:
” Wahai, Tuhanku ! Sayangillah keduanya sebagaimana mereka berdua telah menyayangiku pada waktu aku kecil “.

atau membaca doa yang keempat :

Doa Untuk Orang Tua

Latinnya :
RABBANAGHFIRLII WALI WAALIDAYYA WALIL MU’MINIINA YAUMA YAQUUMUL HISAAB.
Artinya:
” Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mu’min pada hari terjadinya hisab (hari kiamat) “.

atau doa yang kelima :

Doa Untuk Orang Tua

Latinnya :
RABBANAGHFIRLANA WALI WAALIDAINAA WARHAM HUMAA KAMAA RABBAYAANAA SHIGHAARAA.
Artinya:
“Ya Allah, ampunilah kami dan kedua orang tua kami, serta berilah rahmat kepada keduanya, sebagaimana mereka mendidik kami di waktu kecil”.

atau doa yang keenam :

Doa Untuk Orang Tua

Latinnya :
ALLAHUMMAGHFIRLANAA DZUNUUBANAA WA DZUNUUBA WAALIDAINAA WARHAM HUMAA KAMAA RABBAYAANAA SHIGHAARAA.
Artinya:
” Ya Allah ampunilah dosa dosa kami dan dosa kedua orang tua kami, serta sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangi kami “.

atau doa yang ketujuh :

Doa Untuk Orang Tua yang panjang

Latinnya :
RABBIGH FIRLII WALI WAALIDAYYA WA LIMAN DAKHALA BAITIYA MU’MINAWWALIL MU’MINIINA WAL MU’MINAATI WA LAA TAZIDIZHZHAA LIMIINA ILLAA TABAARAA.
Artinya:
“Wahai Tuhanku. ampunilah aku, ibu bapakku, dan orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan “.

Kita bisa memilih salah satu doa di atas. Bisa pula dengan membaca semuanya. Sampai di sini dulu, semoga artikel ini memberikan manfaat. Mohon maaf bila ada kesalahan penulisan dan sebagainya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

sumber : https://poskajian.blogspot.com/2019/03/doa-untuk-orangtua-lengkap-latin-artinya.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *