Inilah Doa Shalat Dhuha Lengkap Arab Latin dan Artinya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh sobat ngaji sekalian. Kita akan membahas bacaan doa shalat dhuha lengkap arab latin dan artinya begitu penting sekali. Shalat sunah ini sudah banyak menjalankan sekarang. Dakwah di masyarakat dalam hal mengajak melaksanakan sunah ini tergolong berhasil. Dahulu kala saat saya masih anak-anak, tepatnya kala sekolah dasar atau SD, jarang menemui orang yang melaksanakannya. Itu di desa saya. Kurang tahu kalau di tempat lain. Namun, di desa saya sudah mulai banyak orang tahu mengenai shalat sunah ini. Kata mereka, ” oh, itu si Eko sedang melaksanakan shalat dhuha to namanya. Kok jam 8 shalat.” Komentar tersebut menjadi isyarat masyarakat sudah paham. Meskipun di lain kesempatan kita pun sering pula mendengar ada orang yang belum tahu tentang shalat sunah ini.

Sobat semua saya yakin juga sudah sering melihat orang yang menjalankan hal ini. Saat ini di sekolah-sekolah atau perguruan tinggi juga telah semarak ibadah ini. Hal itu dimulai dari saat usia sekolah dasar atau bahkan anak-anak Taman Kanak-kanak pun sudah diajari. Semua itu dikoordinir langsung oleh para gurunya sendiri. Pembiasaan semenjak kecil sangat bagus dan lebih mengena. Nanti di usia remaja dan selanjutnya hingga tua mereka akan gampang untuk merutinkan ibadah sunah ini. Jika sudah masuk di tingkat perguruan tinggi baik itu di universitas, akademi, dan sekolah tinggi biasanya dilakukan sendiri-sendiri oleh mahasiswa. Mereka sudah terbangun kesadarannya sendiri. Tentunya itu juga salah satu buah dari pendidikan di tingkat sebelumnya. Atau bisa pula karena si mahasiswa mendapatkan pengajian dari masjid atau majelis taklim yang ia ikuti. Dapat pula karena dari berbagai kegiatan lainnya. Tak hanya di sekolah, di perkantoran dan instansi pemerintah pun banyak orang yang melaksanakannya. Sebelum bekerja, masjid perkantoran penuh dengan karyawan maupun karyawati. Bahkan di masjid di lingkungan masyarakat juga sudah mulai ramai ibadah shalat sunah dhuha.

Shalat ini dikerjakan di waktu dhuha hingga paling siang sebelum waktu dhuhur. Di beberapa kalender yang ada jadwal shalatnya ada waktu dhuha minimal. Itu bisa menjadi patokan waktu paling pagi untuk sudah bisa menjalankan shalat ini. Di beberapa website pun kadang sudah ada yang memasang jadwal tersebut. Apabila tidak memiliki, kita bisa menjalankannya sekitar pukul 7.00 pagi. Tetapi bisa juga kurang dari jam itu. Kita lebih mudahnya melihat pada jadwal shalat. Di kalender atau yang lainnya biasanya ada waktu jadwal shalat dhuha minimal. Itu menunjukkan waktu paling pagi diperbolehkan untuk menjalankan shalat sunah ini. Untuk pengerjaannya, dilakukan dengan sendiri-sendiri. Untuk jumlah rakaatnya, minimal dua rakaat. Sedang maksimal 8 atau 12 rakaat. Silakan sahabat memilihnya.

Perlu juga diketahui, melaksanakannya hendaknya 2 rakaat langsung salam. Penjelasan singkatnya seperti di bawah ini :

  • Jika mengerjakan 4 rakaat maka 2 rakaat salam, 2 rakaat salam.
  • Jika mengerjakan 6 rakaat maka 2 rakaat salam, 2 rakaat salam, 2 rakaat salam.
  • Jika mengerjakan 8 rakaat maka 2 rakaat salam, 2 rakaat salam, 2 rakaat salam, 2 rakaat salam.
  • Jika mengerjakan 10 rakaat maka 2 rakaat salam, 2 rakaat salam, 2 rakaat salam, 2 rakaat salam, 2 rakaat salam.
  • Jika mengerjakan 12 rakaat maka 2 rakaat salam, 2 rakaat salam, 2 rakaat salam, 2 rakaat salam, 2 rakaat salam, 2 rakaat salam.

Setelah selesai mengerjakan shalat ini, sobat semua sebaiknya jangan langsung pergi. Duduklah terlebih dahulu dan membaca doa shalat dhuha sebagaimana yang berikut ini :

doa sholat dhuha

Latinnya :
ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.
Artinya :
“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sulit mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh”.

Boleh juga berdoa yang lainnya sesuai dengan keinginan kita masing-masing. Apabila sahabat belum hafal dengan doa tersebut, jangan takut untuk mulai menjalankan shalat dhuha. Tetap saja melakukannya. Menghafal doanya bisa berproses sedikit demi sedikit. Tidak mesti harus hafal dulu baru boleh menjalankan shalat sunah dhuha. Tidak harus demikian. Karena pengerjaan shalat dhuha ini hampir sama dengan shalat-shalat sunah lainnya maka saya yakin sobat ngaji semua tidak akan kesulitan. Tidak ada hal yang sulit sama sekali. Cuma waktu ini memang termasuk di dalam jam sibuk-sibuknya orang bekerja. Jadi memang perlu untuk benar-benar meluangkan waktunya. Mesti berani berkorban waktu sedikit. Tidak lama waktu yang diperlukan. Paling beberapa menit saja. Baiklah semoga artikel ini bermanfaat untuk para sobat pembaca semuanya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

sumber: https://poskajian.blogspot.com/2018/11/doa-shalat-dhuha-lengkap-latin-artinya.html