Bacaan Doa Ziarah Kubur Lengkap Latin Serta Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada sore hari ini, semoga teman-teman selalu dalam keadaan sehat dan tidak kurang suatu apa pun. Kali ini kita akan membicarakan tentang adab yang penting dalam melakukan ziarah ke kuburan atau makam. Kuburan merupakan tempat dimana dikuburkannya jenazah. Di berbagai tempat bisa dengan mudah menjumpai yang namanya makam atau pekuburan. Baik itu di perkotaan atau di pelosok pedesaan. Bahkan di setiap desa pun biasanya terdapat kuburan atau makam. Bila mana kita bepergian pun sering kita jumpai yang namanya kuburan. Jadi, tempat tersebut sudah bukan hal yang asing lagi bagi kita semua.

Setiap muslim tentunya juga pernah pergi ke kuburan. Bagi laki-laki khususnya, ketika ada orang yang meninggal maka mereka pun ikut mengantarkan jenazah sampai di pekuburan. Meskipun tidak semua orang melakukannya. Namun, hal seperti ini banyak yang melakukannya. Khusus bagi wanita, memang mengantarkan jenazah dan menguburkannya ini tidaklah diperintahkan. Terkecuali memang sudah tidak adanya kaum laki-laki. Di lain waktu, ada pula momen dimana seseorang baik laki-laki atau wanita pergi mengunjungi makam atau kuburan. Waktu tersebut yakni ketika berziarah ke kuburan. Biasanya makam yang diziarahi ini adalah keluarga dekatnya. Meskipun tidak mesti demikian. Nah, di dalam melakukan ziarah ke makam atau kuburan ini perlu memperhatikan adab-adabnya. Salah satunya yakni membaca doa ziarah kubur yang lafaznya ada beberapa macam seperti di bawah ini.
Yang pertama :

Bacaan Doa Ziarah Kubur Latin Serta Artinya

Latinnya :
ASSALAMU ‘ALAIKUM AHLAD DIYAARI MINAL MU’MINIINA WAL MUSLIMIINA, WA INNAA INSYAA ALLAAHU BIKUM LA LAAHIQUUNA, AS ALULLAAHA LANAA WA LAKUMUL ‘AAFIYAH.
Artinya :
“Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang Islam. Dan kami insya Allah akan menyusul kalian, aku meminta keselamatan kepada Allah untuk kami dan kalian” .

Yang kedua :

Bacaan Doa Ziarah Kubur Pendek

Latinnya :
ASSALAAMU ‘ALAIKUM DAARA QAUMIN MU’MINIINA, WA INNAA INSYAA ALLAAHU BIKUM LAA HIQUUN.
Artinya :
“Semoga keselamatan atas kamu sekalian wahai penghuni perkampungan orang-orang mukmin dan insya Allah kami pun akan menyusul kalian”.

Yang ketiga :

Bacaan Doa Ziarah Kubur Lengkap Artinya

Latinnya :
ASSALAMU ‘ALAIKUM AHLAD DIYAARI MINAL MU’MINIINA WAL MUSLIMIINA, WA INNAA INSYAA ALLAAHU LA LAAHIQUUNA, AS ALULLAAHA LANAA WA LAKUMUL ‘AAFIYAH.
Artinya :
“Semoga keselamatan atas penghuni kubur ini dari orang-orang beriman dan orang-orang Islam. Dan kami insya Allah akan menyusul, aku memohon keselamatan kepada Allah untuk kami dan untuk kalian”.

Yang keempat :

Doa Ziarah Kubur

Latinnya :
ASSALAMU ‘ALAA AHLID DIYAARI MINAL MU’MINIINA WAL MUSLIMIINA, WA INNAA INSYAA ALLAAHU LA LAAHIQUUNA, AS ALULLAAHA LANAA WA LAKUMUL ‘AAFIYAH.
Artinya :
“Semoga keselamatan atas penghuni kubur ini dari orang-orang beriman dan orang-orang Islam. Dan kami insya Allah akan menyusul, aku memohon keselamatan kepada Allah untuk kami dan untuk kalian”.

Sering pula bacaan tersebut dinamakan salam untuk penghuni kubur. Kita bisa memilih salah satu dari doa di atas. Bila mungkin belum hafal maka tinggal dibaca berkali kali saja. Dalam waktu tidak lama insya Allah akan bisa hafal dengan sendirinya. Bila sudah hafal maka tinggal diamalkan atau dipraktekkan. Akan sangat baik bila kita membaca doa tersebut saat berziarah kubur. Maka perlu ada usaha sungguh-sungguh untuk bisa hafal doa tersebut.

Tatkala kita melakukan ziarah ke kuburan atau makam maka kita akan menjadi ingat yang namanya kematian. Begitu sibuknya manusia dengan pelbagai macam urusan terkadang menjadikan ia lupa bahwasannya akan ada kematian. Bila seseorang lupa akan kematian maka sangat mungkin kehidupannya bisa jauh dari kebaikan. Orang tersebut bisa lupa akan kehidupan akhirat. Suatu kehidupan yang kekal selama-lamanya. Apa jadinya bila orang sudah melupakan akhirat? Tentu hidupnya tidak akan dekat dengan kebaikan. Ia akan jauh dari kebahagiaan. Sangat mungkin dalam hidupnya malah hanya mencari kesenangan dunia saja. Pokoknya hidup untuk bersenang-senang dan menikmati dunia saja. Padahal, Allah subhanahu telah berfirman di dalam surat Al-An’am ayat 32 yang artinya: “Dan kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan senda gurau. Sedangkan negeri akhirat itu, sungguh lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Tidakkah kamu mengerti?”

Dari ayat tersebut sudah sangat jelas. Bahwasannya hidup di dunia merupakan permainan dan senda gurau saja. Sedangkan untuk kehidupan akhirat nanti itulah yang kekal selama-lamanya. Untuk itu sangatlah penting untuk setiap muslim mengingati kehidupan akhirat nanti. Nah, menjadi suatu masalah yang penting untuk dibicarakan tentang ingat kematian ini. Dengan demikian, kita mesti mencari cara bagaimana kita mudah untuk ingat akan mati. Salah satu cara agar kita mudah ingat akan mati yakni dengan melakukan kegiatan berziarah ke kuburan atau makam. Cara tersebut sangat efektif untuk menjadikan orang ingat akan mati. Tatkala orang berziarah kubur, maka ia akan melihat banyak kuburan orang yang telah meninggal dunia. Di sana sini yang ditemui hanyalah makam orang yang telah meninggal dunia. Sebagian ada kuburan orang-orang yang telah dikenalnya dahulu. Sebagian tidak dikenalnya. Intinya, dengan melihat kuburan itu maka kita diingatkan akan kematian. Inilah pentingnya berziarah kubur. Sampai di sini dahulu sobat. Semoga bermanfaat untuk para sobat ngaji semuanya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *