Mengenal Sifat Wajib Bagi Rasul

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Sobatngaji sekalian tentu sudah pernah mendengar yang namanya para rasul Allah. Mereka adalah manusia pilihan yang menjadi utusan Allah subhanahu wa ta’ala. Para rasul ini membawa risalah wahyu dari Allah untuk selanjutnya disampaikan kepada umatnya. Beriman kepada nabi dan rasul pun termasuk bagian dari rukun iman yang sudah kita sering dengar dalam pengajian dan sekolah. Setiap orang yang beriman tentu akan yakin dengan para rasul utusan Allah.

sifat wajib bagi Rasul

Kita sebagai seorang muslim pun hendaknya mengenal dengan baik para rasul. Tidak ada keraguan atas kebenaran yang dibawa oleh para rasul. Seluruh ajaran rasul ini adalah kebenaran yang mesti kita yakini. Para Rasul yang telah diutus di muka bumi ini memiliki sifat-sifat khusus. Sebuah sifat yang mulia dan patut untuk diteladani oleh seluruh manusia. Kebahagiaan lah yang akan diperoleh bagi siapa saja yang bisa meneladani sifat-sifat para Rasul Allah. Hidup orang tersebut akan menjadi mulia.

Lalu, apa saja sifat-sifat wajib bagi rasul itu. Berapa sifatnya? Apakah hanya satu? Untuk sifat wajib bagi rasul itu ada empat. Nah, inilah yang akan kita bahas kali ini. Pembahasan ini sangat menarik sehingga akan sayang sekali jika para pembaca tidak mengikutinya dengan baik. Sifat wajib bagi rasul yakni:

  1. Shidiq
    Sifat shidiq adalah yang pertama. Arti shidiq yakni benar atau jujur. Menjadi sifat para rasul yakni selalu jujur dan benar. Tidak ada ceritanya seorang rasul berdusta atau berbohong. Setiap saat dalam kehidupannya para rasul itu selalu benar dan jujur.
  2. Tabligh
    Sifat yang kedua ialah tabligh. Pengertian tabligh ialah menyampaikan. Sebuah tugas utama dari para rasul ialah menyampaikan wahyu yang telah diterimanya dari Allah subhanahu wa ta’ala. Wahyu tersebut kemudian disampaikan kepada umatnya. Dari seluruh wahyu yang diperintahkan untuk disampaikan kepada umatnya itu tidak ada satu saja yang terlewat atau terlupa. Tak ada satu wahyu pun yang disembunyikannya. Sebagai contohnya adalah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau menyampaikan wahyu Allah berupa Al-Quran ini kepada umat. Semua ayat telah disampaikan oleh beliau. Tak ada satu ayat pun yang tersembunyi.
  3. Amanah
    Arti amanah ialah dapat dipercaya. Seluruh rasul memiliki sifat amanah ini. Semua rasul pasti dapat dipercaya. Segala ucapan dan tindakan para rasul itu selalu amanah. Para rasul selalu terpercaya.
  4. Fathonah
    Sifat wajib rasul yang ke empat yakni fathonah. Arti dari fathonah ialah cerdas. Setiap rasul pasti cerdas. Tingkat kecerdasanya tidak biasa-biasa saja. Akan tetapi, tingkat kecerdasan para rasul itu tinggi sekali.

Itulah empat sifat wajib bagi rasul. Kalau kita hendak mempermudah mengingatnya maka sidiq, tabligh, amanah, fatonah itu bisa kita singkat menjadi STAF. Tentu sobat ngaji semua mudah mengingatnya. Kita sebagai seorang muslim yang baik tentu mesti harus tahu mengenai hal ini. Dengan begitu kita akan mengenal rasul dengan baik. Dengan kita mengetahui empat sifat wajib tersebut kita bisa meneladani hal itu dengan baik. Ketika seseorang sudah bisa meneladani sifat tersebut maka kesuksesan hidup akan mudah diraih. Demikian pembahasan singkat kali ini semoga bermanfaat. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.