Bacaan Talbiyah Haji Lengkap Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Sobat ngaji yang berbahagia. Kali ini kita akan membahas mengenai bacaan talbiyah dalam ibadah haji. Dilengkapi pula dengan tulisan arabnya, latin dan juga artinya. Kita semua tahu dalam rukun Islam yang lima itu ada yang namanya ibadah haji. Tepatnya pada rukun Islam yang kelima. Bagi mereka yang telah mampu melaksanakan haji maka wajib baginya. Setiap muslim sudah selayaknya untuk memprioritaskan ibadah haji ini dibanding kegiatan yang kurang penting. Misalnya ia punya dana yang berlebih maka mestinya ia gunakan untuk membiayai haji. Bukan digunakan hanya sekedar jalan-jalan ke luar negeri saja.

Kewajiban memang mesti harus didahulukan. Tiap orang yang sudah terpenuhi syaratnya untuk berhaji maka ia mesti harus melakukannya. Selanjutnya, proses persiapan dalam pelaksanaan haji dan juga keberangkatan mesti pula dikerjakan. Di Indonesia, seseorang mesti menunggu antrian beberapa tahun lamanya untuk bisa berangkat haji setelah orang tersebut mendaftar dan memperoleh porsi haji. Tiap daerah berbeda lama daftar tunggunya. Ada yang cepat ada yang sampai lebih dari dua puluh tahun.

Animo masyarakat muslim untuk mendaftarkan dirinya berhaji memang cukup bagus di negeri ini. Indikasinya bisa terlihat dari banyaknya orang yang telah mendaftar untuk mendapatkan porsi haji. Persiapan dari kesehatan fisik dan biaya pelunasan haji mesti mendapatkan perhatian bagi mereka yang sudah mendapatkan nomor porsi haji. Tidak lupa pula persiapan dalam ilmu menjadi hal yang amat penting.

Ibadah haji memiliki arti yang luar biasa bagi tiap muslim. Betapa gembira dan bahagianya hati seorang muslim bisa berangkat haji ke Baitullah. Dalam melaksanakan haji kita perluu juga mengetahu ilmunya. Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami mengajak sobat ngaji semua untuk mempelajari bacaan talbiyah dalam haji. Bacaan ini sangatlah penting karena pasti akan dibaca oleh para jamaah haji. Termasuk juga ketika kaum muslimin melaksanakan umrah. Kalimah talbiyah ini juga perlu untuk dibaca. Maka kita yang belum berhaji atau pun belum umrah perlu sekali mempelajarinya.

Langkah pertama kita perlu tahu lafadznya atau tulisan arabnya. Untuk membantu membacanya juga perlu kita mengetahui tulisan latinnya. Arti dari bacaan talbiyah juga mesti kita ketahui. Mengenai bacaan talbiyah dalam ibadah haji bisa sobat semua simak berikut ini.

Bacaan Talbiyah Haji

Latinnya:
LABBAIKALLAHUMMA LABBAIK, LABBAIKA LAA SYARII KALAKA LABBAIK, INNAL HAMDA WANNI’MATA LAKA WAL MULK, LAA SYARIIKALAK.
Artinya :
Aku memenuhi panggilan-Mu, ya Allah aku memenuhi panggilan-Mu. Aku memenuhi panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu, aku memenuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya pujaan dan nikmat adalah milik-Mu, begitu juga kerajaan, tiada sekutu bagi-Mu.

Kalimah talbiyah tersebut memang tidak singkat sekali. Meski pun tidak bisa disebut panjang juga. Kita bisa membacanya berulang-ulang bila belum hafal. Di samping juga, kita perlu mendengarkannya juga berulang kali. Supaya dengan begitu kita akan mudah hafal dengan sendirinya.

Mengenai arti dari lafadz talbiyah di atas juga perlu kita ketahui. Makna dari kalimah talbiyah juga tidak kalah penting untuk kita ketahui. Di dalam bacaan talbiyah tersebut seseorang menyatakan kalimat tauhid dan menjauhi kesyirikan. Sebuah bentuk pernyataan tentang pengesaan Allah subhanahu wa ta’la. Allah yang merupakan Maha Kuasa atas segala sesuatu. Segala nikmat adalah milik-Nya.

Amat penting sekali mengetahui makna dari bacaan talbiyah ini. Dengan mengetahui bacaan talbiyah tersebut kita akan semakin khusyuk di kala melafadzkannya nanti. Amat berbeda tentu orang yang tahu maknanya dengan yang tidak di kala mengucapkannya. Inilah pentingnya belajar mengenai talbiyah. Demikian yang bisa kami tulis di sini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat ngaji semuanya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh