Tips Tetap Tahan Belajar Lama Di Rumah

Tips Tetap Tahan Belajar Lama Di Rumah

Para pelajar dan mahasiswa memang tugasnya untuk belajar. Dengan belajar dengan baik maka ia akan sukses dalam meraih ilmu. Belajar di waktu saat ini memang berbeda dari dahulu. Tidak mengenai materi pelajarannya tetapi terkait dengan metode belajarnya. Khususnya di saat pandemi covid 19 ini. Belajar banyak dilakukan di rumah saja. Kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah untuk sementara ditiadakan selama adanya pandemi corona ini. Memang ini mejadi sesuatu yang baru bagi para pelajar dan mahasiswa.

Selanjutnya, kegiatan pembelajaran dilakukan di dalam rumah saja. Sering disebut sebagai belajar dari rumah. Menghadapi kegiatan pembelajaran secara daring (dalam jaringan) ini memang perlu persiapan tersendiri. Para murid dan mahasiswa perlu menyiapkan berbagai hal agar bisa belajar dengan baik di rumah. Peralatan seperti buku pelajaran, buku tulis, bolpoin perlu disediakan. Termasuk yang tidak boleh dilupakan yakni handphone. Karena hp menjadi alat utama saat belajar secara online. Tentu saja handphone yang bisa digunakan untuk berinternet.

Tips tetap tahan belajar lama di rumah

Setelah segala peralatan sudah disiapkan dengan baik. Kita pun perlu mencari tips mengatasi kebosanan dan kejenuhan belajar di rumah. Mengapa hal ini termasuk penting? Sebab ketika kita belajar di rumah secara panjang waktunya atau dalam waktu yang lama maka hal itu belum pernah terjadi sebelumnya. Artinya sedari dulu belum terjadi kondisi semacam ini. Semenjak dahulu yang namanya belajar itu ya lebih lama di sekolah dibandingkan di rumah. Maka menjadi hal yang amat wajar bila muncul rasa bosan dan jenuh ketika belajar di rumah itu. Seorang murid perlu mencari solusi dan tips mengatasi masalah tersebut. Berikut ini beberapa hal yang bisa kita lakukan dalam rangka mengatasi masalah ini.

  1. Bangun sebelum waktu shalat subuh.
    Kebiasaan seperti ini amatlah penting sekali dilakukan. Kita perlu membangun kebiasaan tersebut. Kita bisa shalat subuh tepat waktu. Syukur sebelumnya bisa melaksanakan shalat sunah tahajud dan juga qabliyah subuh. Pahala shalat sunah tersebut amat besar. Bangun di waktu sebelum subuh ini akan memberikan energi yang luar biasa bagi diri kita. Kita akan mendapatkan semangat baru dalam belajar di rumah.
  2. Sediakan waktu untuk berolah raga ringan.
    Di saat pagi hari, kita perlu sisihkan waktu untuk berolah raga. Dengan olah raga yang cukup maka badan akan lebih sehat. Kondisi badan yang prima ini akan menjadikan kita bisa belajar di rumah tetap lancar. Meski pun belajar dalam waktu yang cukup lama di rumah akan tetap bisa bertahan. Termasuk juga kita tidak akan mudah jenuh ketika belajar. Aktivitas belajar yang memerlukan energi untuk berpikir, menganalisis, menghitung, dan aktivitas tangan ini memang tidak mudah dikerjakan.
  3. Makan secara teratur dan cukup nutrisi.
    Kita perlu makan dengan teratur. Makan yang teratur ini akan bisa menjaga kesehatan dengan baik. Pagi kita perlu makan sarapan, siang dan juga malam pun perlu untuk makan. Di samping itu, makan pun perlu memilih yang mengandung nutrisi. Dari makanan yang bernutrisi atau bergizi ini akan memberikan asupan energi yang cukup. Energi ini digunakan untuk kita berpikir dalam belajar. Dengan begitu kita pun tidak akan mudah lelah kita belajar. Tubuh akan lebih tahan untuk tetap belajar di rumah.
  4. Kondisikan ruangan atau tempat belajar yang nyaman.
    Tempat kita belajar memang di rumah. Bisa di kamar tidur, ruang tamu, dan di mana saja. Pastikan ruangan untuk kita belajar itu dibuat senyaman mungkin. Kalau udara panas mungkin kita bisa nyalakan AC atau kipas angin. Demikian juga kalau di ruangan untuk belajar itu berantakan kondisinya. Cobalah untuk merapikannya sehingga kita akan betah berlama-lama belajar di ruangan tersebut.
  5. Berpindah-pindah ruangan agar tidak jenuh.
    Langkah seperti ini pun juga bagus dilakukan. Kadang orang yang duduk lama di sebuah ruangan maka akan timbul rasa jenuh. Maka ia perlu berpindah ke ruangan yang lainnya. Perpindahan ini bisa sementara atau dalam waktu berjam-jam. Tergantung kita untuk melakukannya.
  6. Berkomunikasi juga dengan teman-teman sekolah.
    Ini yang tidak boleh terlupakan. Kita perlu untuk berkomunikasi dengan teman-teman yang lainnya. Dengan komunikasi itu maka kita bisa ngobrol masalah tugas sekolah dan masalah lainnya. Tidak salah juga untuk saling memberi motivasi kepada yang teman lainnya. Ngobrol yang positif tetap perlu dilakukan agar kita tidak mudah bosan dalam belajar di rumah.
  7. Mengakhiri belajar dengan berdoa.
    Setelah selesai dari belajar maka kita tidak boleh lupa untuk berdoa. Jangan sampai melupakan masalah doa ini. Dengan berdoa apa yang kita pelajari semoga mendapatkan keberkahan. Ilmu yang didapat akan membawa manfaat bagi kehidupan.

Demikian beberapa tips penting untuk bisa tetap tahan belajar di rumah. Meskipun pembelajaran jarak jauh atau daring ini dilakukan dalam waktu yang lama, kita tetap ingin semangat dan tidak mudah jenuh belajar.

sumber: https://poskajian.blogspot.com/2020/12/tips-mengatasi-kebosanan-kejenuhan-belajar-dirumah.html