Tips Merawat Mesin Cuci

Tips Merawat Mesin Cuci Supaya Awet

Posted on

Sobat ngaji pastinya sudah gak asing dengan mesin cuci. Tiap hari kita selalu melihatnya. Mencuci pakaian yang menjadi sebuah pekerjaan rutin tidak pernah ditinggalkan. Setiap hari dipakai pakaian yang kita miliki. Maka dari pakaian yang telah dipakai itu pastinya akan kotor. Bila hendak memakainya lagi maka mesti harus dicuci terlebih dahulu.

Nah, untuk mencuci pakaian ini kita perlu melakukannya dengan tangan atau menggunakan mesin. Hadirnya mesin cuci menjadikan pekerjaan mencuci pakaian tidak lagi dengan kedua tangan belaka. Kini saat kita mencuci pakaian maka memakai mesin. Memiliki mesin cuci amatlah membantu tugas kita sebagai ibu rumah tangga.

Kalau dengan memakai tangan maka mencuci butuh energi yang lebih banyak. Butuh tenaga yang mesti lebih besar karena menggunakan tangan atau manual. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan cuciannya pun tidaklah sebentar. Kita bisa menghabiskan banyak waktu untuk mencuci setumpuk pakaian yang ada di rumah.

Dengan kita memiliki mesin cuci maka kita tidak akan lagi perlu habiskan banyak waktu dan tenaga guna sekedar mencuci pakaian. Cukup kita masukkan pakaian di mesin cuci saja maka lalu jalankan mesinnya. Pakaian pun akan dicuci secara otomatis oleh mesin. Tidak butuh waktu yang begitu lama lagi akhirnya pakaian sudah bersih tinggal dimasukkan di bagian pengering pada mesin cuci. Pakaian sudah agak kering dan tinggal dijemur. Selesai sudah proses mencuci pakaianya.

Tips Merawat Mesin Cuci Supaya Awet

Sobat ngaji tentu memilih cara mencuci dengan menggunakan mesin. Ketika sudah punya mesin cuci maka mencuci bisa dilakukan dengan mudah. Namun, sobat ngaji semua perlu untuk mengetahui tips merawat mesin cuci supaya awet. Kalau begitu, simak saja tipsnya berikut ini.

  1. Posisikan mesin cuci dengan tepat
    Kita perlu meletakkan mesin cuci di rumah dengan baik. Pastikan kita tidak asal meletakkannya. Tidak disarankan untuk meletakkan mesin cuci di tempat yang lembab dan sangat kurang cahaya maupun udara. Kita perlu menghindari hal seperti itu. Usahakan meletakkan mesin cuci pada tempat yang cukup cahaya maupun udara. Tempat tersebut tidak lembab kondisinya.
  2. Tidak menyimpan pakaian terlalu lama di mesin cuci
    Ini juga hal yang perlu dihindari. Banyak dijumpai kebiasaan buruk yakni menyimpan pakaian begitu lama di dalam mesin cuci. Alasan mereka yang melakukan hal ini adalah merendam pakaian supaya noda pakaian bisa lebih mudah hilang saat dicuci nanti. Akan tetapi, bila hendak merendam pakaian maka sebaiknya jangan di mesin cuci. Rendam pakaian di bak atau ember khusus. Bila menyimpan pakaian basah di mesin cuci terlalu lama maka bisa mengakibatkan bau yang kurang sedap. Saat nanti kita mencuci pakaian lagi bisa terdampak bau tersebut. Pakaian yang kering pun tidak disarankan untuk disimpan lama di mesin cuci.
  3. Cabutlah colokkan mesin cuci bila sudah tidak dipakai
    Ini hal yang sederhana namun banyak dilupakan. Memang pada umumnya banyak orang yang tetap mencolokkan mesin cuci pada listrik meskipun mesin tak digunakan. Padahal, bila ada pemadaman listrik, voltase alat elektronik berupa mesin cuci ini sering menjadi tidak stabil. Akan lebih baik bila kita cabut saja colokkannya bila tidak sedang dipakai.
  4. Tidak mematikan paksa timer pada mesin cuci
    Umumnya semua mesin cuci ada pengaturan waktu otomatis untuk mematikan mesin. Kita disarankan untuk tidak mematikan paksa timer mesin cuci. Menyetopnya tidak sesuka hati diri kita. Sebaiknya biarkan mesin cuci berjalan sebagaimana waktu yang telah disetting. Kalau tidak seperti ini maka akan berakibat rusak timernya.
  5. Sesuaikan kapasitasnya
    Kalau mencuci pakaian maka kita perlu menyesuaikan kapasitasnya dengan baik. Kalau tabung mesin cuci tidak mampu menampung seluruh pakaian yang akan kita cuci maka janganlah dipaksakan. Sebaiknya kita sesuaikan saja. Kalau hal itu tetap dipaksakan maka akan menjadikan mesin cuci terlalu berat bekerja. Dalam jangka panjang akan menjadikan mesin cuci bisa gampang rusak. Pakaian yang kita cuci itu pun bisa tidak maksimal hasilnya, dalam arti bersihnya.
  6. Bersihkan filter mesin cuci secara rutin
    Bagian filter mesin cuci ini sebaiknya kita bersihkan secara berkala. Mungkin tiap pekan di hari ahad misalnya kita jadwalkan. Langkah ini akan membuat mesin cuci kita lebih awet.

Demikian tips merawat mesin cuci supaya awet. Tidak sulit untuk merawat mesin cuci. Hanya tinggal kita perlu melakukannya saja. Semoga bermanfaat tips tersebut untuk sobat ngaji sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *