tips membeli meja belajar

Tips Memilih Meja Belajar

Posted on

Tips memilih meja belajar sesuatu yang kadang tidak banyak diperhatikan. Namun, siapa sangka bahwa meja belajar ini amat penting. Adanya meja belajar akan sangat membantu seorang anak dalam belajar. Hadirnya meja belajar ini juga turut serta meningkatkan semangat seorang anak dalam belajar. Kalau belajar tanpa disertai niat yang kuat maka akan kita dapati kurang maksimal pula hasilnya.

Fasilitas berupa meja belajar akan kita ulas pada kesempatan ini. Sobat ngaji semua mungkin di rumahnya sudah punya meja belajar. Entah seperti apa model dan bentuknya. Tetapi tidak sedikit yang belum mempunyai meja belajar. Hanya menggunakan segala meja yang penting bisa untuk belajar. Yang terpenting yakni bisa belajar dengan baik.

Akan tetapi kalau sudah punya rezeki tentu sobat ngaji semua ingin membeli meja belajar ini. Setelah membeli meja belajar maka akan bertambah semangat belajar menuntut ilmu. Sobat ngaji tentu juga ingat bahwa belajar ini akan menjadikan hidup seseorang berbahagia. Suksesnya seseorang dalam hidup amat berkait pada ilmu yang dimilikinya. Memang tidak hanya masalah ilmu saja. Pengamalan atau prakteknya dari ilmu yang baik ini yang tidak kalah penting.

Tips memilih meja belajar

Sobat ngaji yang berbahagia. Kita rasanya perlu untuk mengetahui bagaimana tips memilih meja belajar ini. Tadi disebutkan kalau meja belajar itu penting. Maka menjadi penting untuk sobat membelinya. Langsung saja nih. Kita simak tipsnya berikut ini.

  1. Pilih meja belajar yang sesuai dengan tinggi penggunanya
    Usia pelajar memang umumnya anak-anak dari TK hingga SMA. Kalau setelahnya sudah mahasiswa namanya. Kalau untuk anak-anak tentu punya tinggi badan yang berbeda dibanding mereka yang sudah berstatus mahasiswa. Termasuk antara anak SD dan SMP saja sudah berbeda tinggi badannya. Saat kita hendak membeli sebuah meja belajar maka kita perlu sesuaikan tingginya dengan tinggi badan anak yang menggunakannya. Masalah ini akan berkaitan dengan kenyamanan. Kalau sesuai tingginya maka akan sangat nyaman.
  2. Meja belajar yang dipilih dapat diatur ketinggiannya
    Memang perlu kita cari meja belajar yang bisa diatur ketinggiannya. Ini bila kita ingin lebih fleksibel. Kalau sudah sesuai ketinggiannya mungkin gak perlu cari atau beli meja belajar lainnya. Namun, kalau belum menemukan yang tepat ketinggiannya maka kita bisa pilih opsi yang kedua yakni meja belajar tersebut bisa diatur ketinggiannya. Sehingga dengan demikian ketinggian meja belajar tetap dapat sesuai dengan tinggi badan penggunanya.
  3. Memilih meja belajar yang lengkap dengan laci, rak dan kursinya
    Memilih meja belajar satu paket dengan rak serta kursinya akan sangat menguntungkan kita. Kita nantinya tidak lagi harus membeli rak dan juga kursi. Karena rak buku pada meja belajar juga begitu penting. Buku sobat yang ditata rapi pada rak menjadikan enak dipandang. Tidak acak-acakan dilihat. Adanya laci bisa digunakan menyimpan berbagai barang yang amat penting. Kemudian kursi dipakai untuk duduk saat belajar. Aktivitas belajar di meja belajar lebih banyak dalam posisi duduk.
  4. Desain dari meja belajar sederhana dan nyaman
    Mengenai masalah desain ini juga penting. Kalau desain dari meja belajar tersebut sederhana maka kita akan sangat terbantu dalam meletakkannya. Ditempatkan di mana saja akan tetap cocok dan nyaman dipandang. Ada kalanya seseorang belajar lama di kamarnya membuat jenuh. Ia ingin berpindah suasana dengan belajar di ruang tamu atau ruang lainnya. Tinggal geser saja meja belajarnya. Selesai masalah. Belajar pun bisa berjalan dengan normal dan enak.
  5. Ada hiasan menarik di meja belajar
    Khususnya kalau kita hendak memilih meja belajar untuk anak-anak usia SD atau TK. Amat penting untuk memilih meja belajar yang ada hiasan menarik.Adanya hiasan akan menjadikan sang anak semakin betah untuk berlama-lama di meja belajar. Itu artinya durasi mereka belajar menjadi lebih lama dan tidak mudah bosan.
  6. Pilih yang rakitan atau produk jadi
    Memang meja belajar ada dua macam. Pertama produk yang rakitan dan yang kedua produk jadi. Jika kita kurang mampu merakit sendiri meja belajar maka sebaiknya beli yang produk jadi saja. Supaya nanti tidak repot dalam merakitnya.
  7. Memilih meja belajar berdasarkan bahannya
    Ada banyak bahan untuk meja belajar ini. Beberapa bahan yang biasa dipakai diantaranya kayu dan vaneer. Untuk kayu kita tahu sendiri. Berat mejanya tetapi akan lebih tahan lama. Kayu ini pun bisa bermacam-macam. Ada kayu jati, mahoni, kasia, dan lain-lain. Masing-masing jenis kayu ini punya harga sendiri-sendiri. Sedang untuk vaneer akan lebih ringan. Vaneer juga tahan lapuk namun dari segi kekuatan masih di bawah material kayu.
  8. Memilih berdasarkan warnanya
    Kita perlu memilih meja belajar yang warnanya disukai oleh penggunanya. Bukan kita yang membelinya lho. Anak-anak kita yang akan menggunakan meja belajar ini perlu kita ajak diskusi tentang pemilihan warna yang mereka senangi.

Itulah beberapa tips memilih meja belajar. Semoga sobat ngaji semua bisa tidak salah pilih kala memilihnya. Tidak lupa, kami berharap tips tersebut memberikan manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *