Tips Memilih Keramik Kamar Mandi Yang Bagus

Tips Memilih Keramik Kamar Mandi

Posted on

Tips memilih keramik kamar mandi penting untuk kita ketahui lho. Sobat ngaji, rumah sangatlah penting untuk selalu diperhatikan. Termasuk di dalamnya yang perlu diperhatikan yakni kamar mandinya. Setiap rumah pastinya dilengkapi dengan kamar mandi. Adanya kamar mandi ini sangatlah penting. Di zaman sekarang sepertinya hampir tak ada satu rumah pun yang dibangun dengan tanpa adanya kamar mandi. Keberadaan dari kamar mandi tidak bisa digantikan dengan kamar-kamar yang lainnya.

Setiap orang yang akan membangun rumah baru biasanya melakukan perencanaan dengan baik. Dalam membangun rumah biasanya direncanakan akan membangun ruang-ruang apa saja. Misalnya mau membuat ruang tamu, ruang tidur, ruang belajar, dan lain-lain. Pun demikian dengan ukuran dari masing-masing ruang yang akan dibangun. Ukuran sangatlah penting karena itu akan terkait dengan ukuran luas bangunan yang dibangun.

Termasuk pula dengan berapa jumlah masing-msaing ruang yang akan dibangun itu. Misal akan membangun rumah dengan 4 kamar tidur, 4 kamar mandi, 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga, dan 1 dapur. Perencanaan seperti ini memang perlu sekali dilakukan sejak dini. Satu hal yang menarik untuk kami bahas ialah mengenai kamar mandi. Sobat ngaji tentu sangat merasakan betapa pentingnya kamar. Hingga hampir tidak ada orang yang membangun rumah namun tidak dilengkapi dengan kamar mandinya.

cara memilih keramik kamar mandi

Di zaman sekarang kamar mandi yang dimaksud sudah termasuk di dalamnya ada toilet. Jadi kamar mandi berfungsi sebagai toilet sekaligus tempat untuk mandi seluruh anggota keluarga. Hal yang sangat bermanfaat tentu. Karena kita setiap hari punya rutinitas mandi dan juga pergi ke toilet. Ketika hendak membuat kamar mandi kita perlu memperhatikan banyak hal. Satu diantaranya yang tidak boleh dilupakan yakni keramiknya.

Kita di kesempatan ini mau bahas lebih jauh terkait tips memilih keramik kamar mandi itu. Ada diantara sobat ngaji yang mungkin hari ini sedang merencanakan membangun rumah. Atau ada pula yang hanya menginginkan merenovasi kamar mandinya agar lebih baik. Tentu saja keramik sebagai material yang penting untuk dipersiapkan sejak dini.

Tips memilih keramik kamar mandi

Beberapa hal yang perlu untuk kita perhatikan dalam pemilihan keramik akan kami bahas di sini. Pengetahuan atas bagaimana memiliki keramik kamar mandi yang bagus sangat diperlukan untuk saat ini. Baiklah sobat ngaji semua. Mari kita simak tipsnya berikut.

  1. Ukuran keramik mesti sesuai dengan ukuran dari kamar mandi
    Di pasaran atau toko bangunan kita akan mendapati banyak sekali keramik dengan berbagai ukurannya. Untuk keramik kamar mandi sendiri juga punya ukuran yang bervariasi. Jika ukuran kamar mandi yang akan kita buat itu besar maka kita perlu memilih keramik yang berukuran besar. Bila kita pilih ukuran keramik yang kecil maka akan menjadi boros keramik. Sebaliknya, untuk ukuran kamar mandi yang berukuran kecil tetap pas bila kita pilih ukuran keramik berukuran kecil.
  2. Mengecek tekstur dari keramik kamar mandi
    Perlu juga kita cek mengenai tekstur dari keramik kamar mandi yang akan kita beli. Kita tahu bahwa kamar mandi sangatlah sering terkena air. Akhirnya, keramik yang terpasang di kamar mandi selalu basah. Bahkan sepanjang hari bisa basah terus. Jika kondisi keramik kamar mandi selalu basah maka licin sekali. Dikhawatirkan sobat ngaji semua bisa terpeleset di kamar mandi. Berbahaya sekali atas hal ini. Sebuah kejadian yang tidak kita inginkan tentu. Untuk meminimalisir hal tersebut maka kita pilih saja keramik kamar mandi yang teksturnya kasar. Dengan tekstur kasar maka itu akan aman. Tidak licin meski basah selalu sehingga kita tidak akan terpeleset.
  3. Memilih bentuk keramik yang diinginkan
    Ada aneka macam bentuk keramik itu. Ada yang persegi, persegi panjang, segi enam, dan lain sebagainya. Kita pilih saja yang kiranya diinginkan. Tidak begitu harus memilih sebuah bentuk dalam hal ini. Kita sendiri yang menentukan.
  4. Memilih warna keramik lantai yang tepat
    Masalah warna untuk keramik di kamar mandi. Akan lebih baik bila kita pilih keramik kamar mandi yang warnanya terang atau cerah. Mengapa memilih jenis warna tersebut? Sebab dengan warna yang cerah itu akan bisa memantulkan cahaya. Dengan cahaya yang dipantulkan ini akan menjadikan seluruh ruangan kamar mandi menjadi lebih terang. Tentu ini hal yang kita harapkan. Baik siang apalagi malam kita menginginkan di seluruh ruangan kamar mandi lebih baik terang benderang. Di samping mengenai warna tersebut bisa memancarkan cahaya, warna keramik yang terang menjadikan mudahnya kita mengecek kebersihan dari kamar mandi. Adanya kotor sedikit saja yang menempel di keramik kamar mandi sudah kelihatan secara jelas. Jadi, kita akan bisa dengan mudah membersihkannya. Akhirnya kamar mandi pun akan selalu bersih.
  5. Motif keramik kamar mandi yang bagus
    Masalah motif sangatlah penting juga lho. Kalau mengenai motif ini yang penting adalah sesuai dengan kesukaan sobat semua aja.
  6. Bahan keramik lantai mudah dibersihkan
    Kalau kita hendak memilih keramik kamar mandi maka kita perlu juga mempertimbangkan apakah bahannya itu mudah atau sulit dibersihkan. Kita tahu bila keramik di dalam kamar mandi itu sangatlah sering basah. Akibatnya sangat mungkin banyak lumut yang ada atau menempel di keramik. Kita pun tentu ingin selalu membersihkan keramik kamar mandi. Maka pilihlah bahan keramik kamar mandi yang mudah dibersihkan dan tidak luntur warnanya meskipun dibersihkan sesering mungkin.

Itulah tips memilih keramik kamar mandi. Kiranya sedikit tips tersebut memberikan manfaat yang besar kepada sobat ngaji semua. Berbagi pengetahuan memang tidak ada ruginya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *