tips memilih helm sepeda motor

Tips Memilih Helm Sepeda Motor

Posted on

Tips memilih helm untuk sepeda motor sangat diperlukan. Kepemilikan kendaraan beroda dua seperti sepeda motor kini sudah merata. Hampir tiap rumah tangga telah memilikinya. Saya yakin juga para pembaca sobatngaji.com banyak yang memiliki sepeda motor. Kendaraan ini memang lebih banyak dipilih oleh masyarakat. Di samping memang harganya amat terjangkau bagi sebagian besar masyarakat. Terlebih kalau mau membeli sepeda motor bekas. Sepeda motor juga terbilang lebih hemat bahan bakar bila dibandingkan kendaraan beroda empat.

Di tambah lagi sepeda motor ini sangat mudah perawatannya. Biaya yang dikeluarkan untuk merawat sepeda motor juga kecil. Tidak terlalu besar. Mudah juga merawat sepeda motor itu. Hanya saja jika kita mengendarai sepeda motor di jalan raya maka ada kewajiban yang mesti dilakukan. Memakai helm adalah salah satu hal yang wajib dilakukan.

Setiap pengendara roda dua diwajibkan memakai helm saat berkendaraan. Manfaat dari helm ini amat besar. Di samping menambah kenyamanan. Helm punya fungsi utama terkait keamanan. Kepala kita akan terlindungi bila kita menggunakan helm saat berkendara sepeda motor. Tidak salah bila pakai helm ini menjadi sebuah hal yang diwajibkan. Para pengendara sepeda motor sendirilah yang akan merasakan manfaatnya.

Tiap orang baik laki-laki atau pun wanita sama saja terkait kewajiban mengenakan helm ini. Kalau pun berboncengan maka yang depan atau belakang tetap sama saja punya kewajiban untuk pakai helm. Jadi, tiap orang pasti butuh helm kalau ia punya sepeda motor. Anak-anak yang masih kecil pun diwajibkan pula memakai helm ini. Demi kenyamanan serta keselamatan saat di jalan raya nantinya.

Tips memilih helm sepeda motor

Mengetahui betapa penting sekali helm. Maka sudah pasti kita harus memilikinya. Kalau saat ini belum punya helm maka segera saja membelinya. Bila sudah punya tapi rusak, membeli lagi menjadi pilihan yang tepat. Sebelumnya, kita perlu mengetahui tips memilih helm ya sobat. Berikut ini beberapa tipsnya.

  1. Ukuran helm yang diberi pas dipakai
    Sebelum kita membeli helm maka perlu dicek dulu ukurannya. Pastikan ukuran hel yang dibeli itu pas dengan ukuran kepala kita. Dengan ukuran yang pas ini akan membuat kita nyaman kala memakai helm nantinya. Kita bisa memilih ukuran S, M, L hingga XL. Pemilihan helm yang tidak pas akan berakibat buruk saat dipakai nanti lho. Jika terlalu kecil maka akan membuat pusing kepala. Bila terlalu besar bisa membuat kurang enak dipakai. Sebagai tambahan informasi untuk pemilihan ukuran helm, XS untuk lingkar kepala 53 cm–54 cm, S untuk lingkar kepala 55 cm–56 cm, M untuk lingkar kepala 57 cm–58 cm, L untuk lingkar kepala 59 cm–60 cm, XL untuk lingkar kepala 61 cm–62 cm, dan XXL untuk lingkar kepala 63 cm–64 cm.
  2. Pilihlah helm yang sudah SNI
    Kalau kita mau membeli helm maka pilihlah yang sudah punya label SNI. Helm yang sudah bersertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia) punya kualitas yang sudah bagus. Proses produksinya melalui tahap yang sudah standar. Demikian pula untuk standar kekuatan serta keselamatan pemakainya sudah lebih terjamin. Memang, selain helm yang SNI ada pula helm bersertifikasi Snell Memorial Foundation, DOT (Departement of Transportation) dari Departemen Transportasi Amerika Serikat. Standar tersebut sangat bisa dijadikan patokan juga.
  3. Tali pengikatnya kuat
    Setiap helm biasanya ada tali pengikatnya. Sering disebut sebagai strap. Kita perlu pastikan untuk memilih helm yang strapnya kuat. Tidak gampang lepas. Disamping itu kita perlu memilih strap helm yang mudah dikuncikan. Sekaligus mudah pula dilepas. Sebab ada juga yang pemakai helm merasa kesulitan tatkala menguncikan tali pengikat helm dan susah pula dalam melepaskannya.
  4. Perhatikan kualitas busa dan kain pelapisnya
    Setiap helm di bagian dalam pasti ada busa dan kain pelapisnya. Sobat ngaji sebaiknya memperhatikan bagaimana kualitas busa dan kain pelapisnya itu. Sebab dari busa dan kainnya ini akan menentukan kenyamanan saat dipakai nantinya.
  5. Cek bahan cangkang helm
    Ada banyak bahan dari cangkang helm. Ada Thermoplastic, karbon, dan Tri fiber composite. Masing -masing bahan punya kelebihannya. Misalnya saja untuk helm berbahan tri fiber composite juga teruji aman karena mampu meredam benturan. Biasanya, helm dengan tri fiber composite memiliki harga lebih mahal daripada material thermoplastic.

Demikian beberapa tips memilih helm yang perlu sobat semua ketahui. Dengan kita mengetahui tips seperti ini maka kita tidak akan salah kala membeli sebuah helm yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *