Cara memilih buah durian yang matang dan manis

Tips Memilih Durian

Posted on

Buah durian yang sering pula disebut duren ini sangatlah terkenal. Para pencinta buah-buahan tentu sudah tak asing lagi dengan yang namanya durian. Rasanya buah tersebut gak ada yang menyamainya. Sobat ngaji pun saya yakin juga suka dengan buah durian tersebut. Meskipun memang kalau ingin menikmati buah durian pada umumnya mesti menunggu musimnya. Buah ini termasuk kategori musiman. Di luar masa musim buah durian maka untuk memperolehnya tidak mudah. Belum harganya menjadi jauh lebih mahal.

Namun, bagi sobat semua yang memang amat suka dengan buah tersebut masalah harga tidak menjadi masalah. Harga berapa pun asalkan masih terjangkau tetap dibelinya. Tidak perlu gusar terkait harga. Orang banyak menyebut durian ini sebagai rajanya buah. Rasanya yang manis serta tekturnya yang lembut dan legit menjadi hal yang disukai.

buah durian

Kalau punya lahan maka menanam sendiri pohon durian menjadi langkah yang bagus. Kini orang yang jual bibit pohon durian sudah banyak sekali. Tinggal kita membeli dan menanamnya di lahan yang dimiliki. Akan tetapi, jika belum punya lahan sendiri maka membeli buahnya menjadi hal yang mesti dilakukan.

Nah, di saat hendak membeli buah durian kita perlu pergi ke toko buah. Meskipun jika sudah masuk musim buah durian maka di pinggir-pinggir jalan banyak orang yang menjualnya. Harganya pun lebih murah karena baru musim panen buah. Akan tetapi, saat membeli buah durian kita tidak hanya asal membeli saja.

Tips memilih durian

Ada beberapa hal yang mesti kita ketahui terkait pemilihan buah durian ini. Tips atau caranya mesti kita tahu sebab bila salah dalam memilih maka bisa-bisa kita membeli buah durian yang tidak sesuai harapan. Dalam arti buah yang dibeli tidak manis dan legit. Maka untuk itu, kami mengajak sobat ngaji semua untuk menyimak tips memilih durian berikut ini.

  1. Pilihlah buah durian yang bulat
    Bentuk dari buah durian yang akan kita beli sangat penting untuk diperhatikan. Pada umumnya, buah durian yang bentuknya bulat memiliki daging buah yang lebih banyak. Kita yang ingin membeli buah durian yang daging buahnya tebal. Kalau bentuk buah durian tidak bulat maka sangat mungkin daging buahnya tidaklah tebal.
  2. Ketuklah sebelum membeli durian
    Tidak sulit untuk mengetuk buah durian. Dengan jari tangan kita bisa melakukannya. Untuk buah durian yang sudah matang dan berasa manis maka bunyinya lebih berat. Berbunyi bluk-bluk. Ini seperti di dalam buah durian itu tidak berongga atau sudah penuh. Lain halnya, dengan kalau bunyi buah durian itu bunyinya seperti berongga. Kalau seperti itu maka kemungkinan buah tersebut malah sudah tidak segar. Tentu rasanya sudah tidak manis lagi.
  3. Cek tangkai dari buah durian
    Pilihlah durian dengan tangkai yang pendek serta tebal. Pada umumnya buah durian yang tangkainya pendek dan tebal memberi tanda bahwa dagingnya lebih tebal. Tentu ini pun juga menjadi hal yang diinginkan oleh siapa saja yang membeli buah durian.
  4. Cek bagian ujung bawah buah durian
    Sebelum kita membeli buah durian maka sebaiknya cek dulu pada bagian bawah buah durian. Pastikan di bagian bawah buah durian tidak merekah atau memiliki belahan. Meski pun sedikit tetap saja itu tidak boleh dipilih. Pilih buah durian yang tidak ada rekahan atau belahan di bagian bawahnya. Sebab jika ada tanda seperti itu maka kemungkinan besar udara telah masuk ke dalam buah durian. Akibatnya, buah durian tersebut akan punya kualitas yang kurang. Rasanya bisa hambar atau kurang manis.
  5. Cium dulu aroma buah durian yang dipilih
    Buah durian yang manis maka biasanya punya aroma yang kuat serta menyengat. Apalagi buah durian ini terkenal punya aroma yang cukup kuat dibanding buah-buah yang lainnya. Sebelum membeli buah durian maka dekatkan dulu buah durian di dekat hidung kita.
  6. Cek berat dari buah durian tersebut
    Anggapan bahwa semakin berat buah durian maka daging buahnya juga akan semakin banyak maka itu tidak sepenuhnya tepat. Tetapi, pada umumnya malah buah durian yang berat itu tidak memiliki daging buah yang banyak. Yang besar malah ukuran bijinya. Sedang daging buah durian tersebut malah tipis.

Inilah beberapa tips ringan dalam memilih buah durian. Meski tips ini sederhana bisa sobat ngaji praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Insya Allah akan memberi manfaat. Belum lagi memang kita dianjurkan untuk senang makan buah-buahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *