cara memilih bahan gamis

Tips Memilih Bahan Gamis

Posted on

Bulan puasa sebentar lagi akan kita temui sobat ngaji. Sudah saatnya kini membahas tips memilih bahan gamis. Sesudah bulan puasa berakhir maka tibalah hari yang dinanti-nanti yakni idul fitri atau lebaran. Pada momen hari tersebut biasa seluruh anggota keluarga berkumpul menjadi satu. Ikatan silaturahmi diantara mereka semakin kuat dengan bertemunya satu sama lain. Kasih sayang diantara mereka semakin bertambah selalu.

Tidak hanya silaturahmi dengan keluarga saja pada saat tersebut. Jalinan silaturahmi dengan tetangga dan saudara yang lainnya atau pun teman-teman juga dikuatkan. Kebiasaan saling memaafkan kesalahan diantara mereka menjadi penguat juga jalinan kasih sayang. Memang manusia tidak ada yang luput dari khilaf atau kesalahan. Untuk kesalahan yang berkaitan sesama manusia maka meminta maaf menjadi cara yang mesti ditempuh.

Ada hal lain di hari raya lebaran. Kebiasaan memakai baju baru menjadi hal yang sudah berjalan bertahun-tahun. Satu jenis pakaian yang dikenakan yakni gamis. Pakaian gamis yang syar’i menjadi pilihan tepat. Maka sejak beberapa bulan sebelum hari raya idul fitri sudah bersiap-siap untuk menyiapkan baju baru. Tidak sedikit yang sudah membeli kain gamis. Tentunya kain gamis tersebut akan digunakan saat hari lebaran.

Tips memilih bahan gamis

Untuk itu kita perlu mengetahui tips memilih bahan gamis. Sebab kita semua tidak ingin salah dalam memilih bahan gamis yang tepat dan bagus. Kita ingin gamis yang kita kenakan benar-benar hasil pilihan kain yang bagus. Baiklah, sobat ngaji mari kita simak uraiannya berikut.

  1. Pilih bahan gamis yang warnanya cocok
    Warna sangatlah penting dalam pemilihan bahan gamis. Warna yang dipilih akan berpengaruh kepada saat dipakai nanti gamisnya. Maka janganlah sampai salah dalam pemilihan warna gamis ini. Untuk sobat ngaji yang menggunakan gamis banyak di out door atau di luar ruangan maka sebaiknya pilih yang berwarna cerah. Warna yang tidak menyerap sinar matahari. Karena jika kita begitu sering di luar ruangan maka akan sering terkena sinar matahari. Kalau kita pakai gamis yang warnanya tidak menyerap cahaya matahari maka tubuh kita akan lebih nyaman dan aman. Lain lagi kalau kita pakai gamis yang kainnya menyerap sinar matahari. Tentu akan begitu panas rasanya. Sangat tidak nyaman memakainya. Tetapi kalau kita sering di dalam ruangan saja maka kita lebih bebas dalam pemilihan warna.
  2. Memilih jenis terbaik dari bahan gamis
    Setiap bahan gamis ada jenisnya. Kita perlu memperhatikan jenis dari bahan gamis. Umumnya orang akan lebih suka kepada jenis bahan yang nyaman saat dipakai nantinya. Beberapa bahan gamis yang cukup terkenal diantaranya jersey, katun, satin, linen, maxmara, dan balotelli. Tiap bahan punya karakteristik masing-masing. Hanya saja faktor kenyamanan menjadi hal yang pertama kali dipilih. Misalnya saja untuk bahan katun memiliki sifat yang lembut, menyerap keringat dan dingin. Ini layak untuk dipilih. Termasuk pula kita sebaiknya memilih bahan gamis yang ringan. Saat nanti dibuat gamis kita akan sangat enak memakainya karena ringan.
  3. Harga bahan gamis perlu dipertimbangkan
    Kita perlu juga mempertimbangkan harga dari bahan gamis. Pastikan kita memilih tempat untuk membeli sebuah bahan gamis yang mematok harga bersahabat. Terkadang harga sebuah bahan gamis dari satu tempat berbeda dengan tempat yang lainnya. Cobalah cari informasi sebanyak-banyaknya terkait harga dari bahan gamis tersebut supaya kita bisa tepat dalam memilihnya.
  4. Jangan lupa ukuran bahan yang tepat
    Kalau mau membeli bahan gamis sebaiknya kita tanya-tanya dulu kepada penjahit. Kira-kira untuk membuat gamis buat diri kita ukurannya minimal berapa. Jangan sampai salah dalam membeli bahan gamis terkait ukurannya. Nanti kita malah tidak jadi buat gamis kalau seperti itu. Ukuran kain harus tepat.

Demikianlah tips memilih bahan gamis untuk kita. Dengan jauh-jauh hari sudah dipersiapkan dengan baik maka tinggal kita menunggu hasil jahitan dari penjahit. Pada saat hendak digunakan nanti kita tinggal ambil dari penjahit. w

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *