Berteman Dengan Orang Shalih Sungguh Besar Manfaatnya

Hidup ini butuh berteman dengan orang shalih. Setiap orang yang hidup di dunia ini tidak mungkin bisa sendirian. Pasti memerlukan orang lain. Butuh bantuan dari orang lain. Tiap orang pun punya kecenderungan untuk memiliki teman. Ingin berteman dengan orang lain sehingga hidupnya terasa ramai dan nikmat. Memang inilah fitrah manusia. Selalu berkecenderungan hidup bersama orang lain. Dengan memiliki teman maka kita akan hidup lebih berbahagia. Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan mudah bila bersama dengan teman-teman.

Memiliki teman memang membahagiakan. Akan tetapi, dalam kita mencari seorang teman pun perlu untuk mengetahui caranya. Alangkah bahagianya bila kita memiliki teman-teman yang shalih. Bahkan dengan punya teman yang shalih ini akan menjadikan hidup seseorang bertambah kebaikan dan kebahagiaanya. Mencari teman-teman yang shalih mestinya perlu dilakukan oleh tiap muslim. Dari teman-teman yang shalih ini kita akan lebih selamat juga dalam menjalani kehidupan di muka bumi ini.

Manfaat teman yang shalih

Berteman dengan orang shalih sungguh besar manfaatnya. Beberapa manfaat memiliki teman-teman orang yang shalih ini, diantaranya adalah:

  1. Menjadi tanda kita termasuk orang yang shalih.
    Ketika kita memiliki teman-teman orang yang shalih maka kita pun termasuk bagian dari mereka. Orang itu bisa dinilai keshalihannya dengan melihat siapa saja teman-temannya. Komunitasnya siapa. Sebab dari teman-teman yang shalih ini akan memberi tanda bahwa kita pun juga orang yang shalih.
  2. Mendapatkan pengaruh kebaikan di dunia maupun akhirat.
    Manusia memiliki hati. Dari hati inilah yang akan menentukan sikap dan perilaku sehari-harinya. Tiap manusia pun akan terpengaruh dari apa saja yang ada dilingkungannya. Karena hati itu kadang naik dan turun. Tidak bisa stabil. Termasuk ketika dalam mengerjakan ketaatan. Kadang bersemangat tinggi tetapi di lain waktu turun semangatnya. Ketika kita memiliki teman-teman yang shalih maka mereka akan mampu memberi pengaruh kebaikan kepada kita baik itu masalah di dunia maupun akhirat. Pengaruh lingkungan memang sungguh luar biasa kuatnya. Di kala lingkungan pergaulan kita bersama-orang-orang yang shalih maka kita pun akan dipengaruhi kebaikan oleh mereka. Akhirnya, kita pun akan turut menjadi orang yang shalih.
  3. Mendapatkan doa kebaikan dari mereka.
    Doa menjadi hal yang amat penting. Ketika kita punya teman-teman yang shalih maka mereka pun akan mendoakan kita. Dengan mendapatkan doa kebaikan dari mereka itu maka kita sungguh sebuah keberuntungan.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Bukhari, Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Berteman Dengan Orang Shalih

artinya adalah:
Permisalan duduk dengan orang shalih dan duduk dengan orang jelek; seperti penjual minyak wangi dengan tukang besi, maka penjual minyak wangi: baik ia memberikan minyak wanginya kepadamu, atau kamu membeli minyak wanginya atau minimal kamu mendapatkan bau harum darinya adapun tukang besi: baik ia akan membakar pakainmu atau minimal kamu mendapatkan bau busuk darinya.

Makna dari hadits tersebut sangatlah penting untuk kita ketahui. Kita dapat mengambil berbagai pelajaran berharga dari hadits tersebut. Hadits di atas memberikan pelajaran sesungguhnya duduk bersama orang shalih dan semua teman-temanya memberikan kebaikan, berkah, manfaat dan keuntungan seperti penjual minyak wangi yang dapat memberikan bermanfaat bagi siapa yang besamanya baik berupa hadiah atau membeli atau minimal mendapatkan sesuatu. Kondisi duduk bersamanya kamu akan mendapatkan ketenangan diri dan kelapangan dada dengan bau harum minyak wangi, ini pendekatan dan permisalan duduk bersama orang shalih.

Akan tetapi kebaikan yang didapatkan seorang hamba dari duduk bersama orang shalih lebih luas dan lebih utama dari minyak wangi. Baik ia akan mengajarkan kepada kita urusan-urusan yang bermanfaat bagi agama atau mengajarkan urusan-urusan yang bermanfaat bagi dunia kita. Bisa juga untuk keduanya. Bahkan akan memberikan kita petunjuk berupa nasihat yang bermanfaat bagi perjalanan kehidupan. Tatkala kita masih hidup dan setelah kita meninggal, mereka akan melarang kita atas apa-apa yang dapat mendatangkan kerugian. Jika kita bersama dengannya akan selalu mendapatkan manfaat dan keuntungan yang banyak.

Jika mereka melihat kita malas dalam ketaatan kepada Allah subhanahu wa ta’ala, mereka akan memberi petunjuk. Akhirnya, keinginan kita untuk taat semakin bertambah dan kita pun akan lebih bersungguh-sungguh dalam ketaatan. Aib-aib kita pun akan ditutupi oleh mereka. Kita akan mendapati kebaikan akhlak baik dalam bentuk ucapan maupun perbuatan. Setidaknya, bila kita tidak mampu memperoleh manfaat kebaikan dari orang yang shalih maka kita tidak akan pernah diganggu atau pun dirugikan oleh mereka sedikit pun. Ini manfaat yang paling kecil.

Lain halnya bila kita berteman atau bersahabat dengan orang-orang jelek. Ini akan menjadi sebuah racun dan musibah yang besar. Bukannya kebaikan yang kita peroleh tetapi malah sebaliknya. Berbagai jenis kemaksiatan akan diperkenalkan mereka kepada diri kita. Bukan hanya dikenalkan saja bahkan. Kita mungkin malah diajak oleh mereka untuk berbuat dosa maksiat dan kerusakan-kerusakan di muka bumi. Ajakan mereka bisa menjadikan diri kita terperosok jauh ke lubang kesulitan dan kesengsaraan. Baik itu kesulitan di dunia maupun di akhirat kelak. Maka sudah saatnya kita mencari dan memilih teman-teman orang yang shalih. Supaya beruntung dan bahagia hidup kita di dunia dan akhirat.