Home > KAJIAN > Lafadz Tahmid dan Artinya Yang Perlu Diketahui

Lafadz Tahmid dan Artinya Yang Perlu Diketahui

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Bacaan atau lafadz tahmid sering kita dengar. Namun, kita perlu mengetahu dan mempelajarinya lebih jauh lagi. Membicarakan ilmu tentang agama dan yang lainnya memang tiada habisnya. Sebanyak-banyak yang kita ketahui mungkin masih banyak pula yang belum diketahui. Saya yakin sobat ngaji semua setuju dengan pernyataan tersebut. Ilmu memang luas sekali. Tidak akan habis dipelajari semuanya dalam waktu yang lama sekali pun.

Tetapi, meski pun begitu kita memiliki tugas untuk tetap menuntut ilmu. Perlu menyediakan sebagian waktu untuk tetap belajar mengenai agama Islam. Memang ilmu agama amat luas. Namun, kita bisa belajar mulai dari apa saja yang kiranya bisa. Termasuk pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari salah satu bacaan penting dalam keseharian. Bacaan tersebut yakni tahmid.

Lafadz Tahmid

Kali ini kita akan membahas bacaan atau lafadz tahmid ini lebih jauh lagi. Namun, sebelum kita membahasnya lebih jauh maka kita perlu tahu dulu mengenai lafadz tahmid itu apa? Lafadz tahmid itu alhamdulillah. Setelah mengetahuinya, kita pun perlu tahu tulisan arabnya. Berikut ini tulisan arab alhamdulillah.

Lafadz Tahmid dan Artinya
lafadz tahmid

Arti dari lafadz tahmid atau alhamdulillah adalah segala puji bagi Allah. Amat luar biasa arti dari lafadz tahmid tersebut. Sering pula tahmid ini disebut bacaan hamdalah. Dalam kehidupan sehari-hari sebetulnya kita sering mendengar orang mengucapkan lafadz tersebut. Misalnya ketika kita sehabis melaksanakan shalat wajib biasanya membaca dzikir terlebih dahulu sebelum beranjak. Salah satu yang dibaca ialah lafadz tahmid ini.

Di saat kita sedang mendapatkan kenikmatan pun bacaan yang pertama ialah dengan tahmid itu. Sebagai wujud seseorang mensyukuri nikmat pemberian-Nya. Ia membaca tahmid. Memuji kebesaran dan keagungan Allah subhanahu wa ta’ala yang telah memberikan nikmat tersebut. Sebab pada hakikatnya apa saja yang telah kita nikmati atau terima dalam hidup ini bukan karena usaha semata. Namun, semuanya karena kemurahan dari Allah.

Bahkan membaca tahmid tatkala memperoleh sebuah kenikmatan menjadi tanda kesyukuran. Sebagai contoh. Di kala kita lulus ujian masuk ke perguruan tinggi yang menjadi idola maka itu bagian dari kenikmatan. Maka mengucapkan tahmid atau alhamdulillah menjadi hal yang mesti dilakukan di saat mendengar berita pengumuman kelulusan ujian tersebut.

Contoh yang lainnya, tatkala seseorang diterima lamaran pekerjaannya. Tentu amat bergembira rasanya bila kita dapat diterima lamaran pekerjaan yang telah diajukan. Usaha mencari pekerjaan dapat terwujud sukses. Termasuk juga ketika seseorang berdagang dan begitu sukses. Laris manis jualannya. Tentu saja untung dari jualan atau dagangannya begitu banyak akhirnya.

Tidak terkecuali ketika kita hendak berdoa pun kita membaca tahmid terlebih dahulu. Kita memuji kebesaran Allah subhanahu wa ta’ala sebelum kita memohon kepada-Nya. Baik saat berdoa dalam momen-memen tertentu atau pun ketika berdoa kapan saja. Saat seseorang memulai ceramah biasa juga dimulai dengan tahmid. Termasuk ketika mengakhiri sebuah ceramah pun juga biasa membaca hamdalah.

Ketika kita shalat kita membaca Surat Al-Fatihah. Dalam surat Al-Fatihah di dalamnya juga terdapat lafadz tahmid. Maka tiap hari kita setidaknya membaca tahmid ini setidaknya tujuh belas kali. Sama dengan jumlah rakaat seluruh shalat wajib lima waktu. Begitu banyak momen kita membaca tahmid dalam kehidupan ini. Maka akan sangat penting untuk membahas lafadz tahmid dan juga artinya. Semoga apa yang kami tulis ini menambah manfaat bagi para sobat ngaji semuanya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.