Hukum Tajwid Surat At-Taubah Ayat 119 Lengkap

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Sobat ngaji yang berbahagia. Pada hari ini kami mengajak untuk membaca hasil analisis hukum tajwid Surat At-Taubah ayat 119 lengkap dengan alasan atau penjelasannya. Hal ini perlu kami tuliskan di sini karena ketika kita ingin membaca ayat tersebut maka perlu sekali mengetahui hukum tajwidnya. Langsung saja silakan menyimaknya di bawah ini.

Tajwid Surat At-Taubah Ayat 119

Keterangan lengkap dari nomor-nomor di atas adalah sebagai berikut:

  1. يٰۤاَيُّهَا hukumnya Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
  2. الَّذِيْنَ hukumnya Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke huruf lam ).
  3. اٰمَنُوا hukumnya Mad badal karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.
  4. اللّٰهَ hukumnya Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah qaf berharakat dhamah. Cara membacanya tebal.
  5. وَكُوْنُوْا hukumnya Mad asli atau mad thabi’i karena huruf kaf berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
  6. وَكُوْنُوْا hukumnya Mad asli atau mad thabi’i karena huruf nun berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
  7. الصّٰدِقِيْنَ hukumnya Terdapat dua hukum di sini, pertama alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah shad. Dibaca idgham (masuk ke huruf shad ). Kedua, mad asli atau mad thabi’i karena huruf shad berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
  8. الصّٰدِقِيْنَ hukumnya Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.

Demikian semoga kita bisa mengambil manfaatnya dengan baik. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *