Hukum Tajwid Surat Al-Hujurat Ayat 10

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Menganalisis hukum tajwid Surat Al-Hujurat ayat 10 menjadi hal penting untuk kita lakukan. Maka pada kesempatan yang baik ini kami akan menganalisisnya. Untuk selanjutnya hasil dari analisis tersebut kami tuliskan secara lengkap di sini. Harapannya dengan kita mengetahui analisis tajwid sebuah ayat Al-Quran maka kita akan bisa membacanya dengan benar sebab sudah mengetahui kaidahnya. Baiklah sobat ngaji semua, tanpa menunggu lama kita bisa simak langsung di bawah ini.

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Hujurat Ayat 10

Penjelasan atau keterangannya adalah:

  1. اِنَّمَا hukumnya Ghunah atau nun tasydid cara membacanya dengan ghunnah dan ditahan selama 3 harakat.
  2. مِنُوْنَ hukumnya Mad asli atau mad thabi’i karena huruf nun berharakat dhammah bertemu huruf wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang selama 2 harakat.
  3. اِخْوَةٌفَاَ hukumnya Ikhfa karena huruf ta berharakat dhammah tanwin bertemu huruf fa’. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Ada juga yang berpendapat juga cukup ditahan selama 2 harakat.
  4. فَاَ صْلِحُوْا hukumnya Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ha’ berharakat dhammah bertemu huruf wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang selama 2 harakat.
  5. بَيْنَ hukumnya Mad layn karena huruf ya’ sukun didahului oleh huruf ba berharakat fathah. Dibaca panjang selama 2 harakat.
  6. اَخَوَيْكُمْ hukumnya Mad layn karena huruf ya’ sukun didahului oleh huruf wau berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
  7. اَخَوَيْكُمْ وَ hukumnya Idhzar syafawi karena huruf mim sukun bertemu huruf wau. Untuk cara membacanya dengan jelas serta tidak berdengung sama sekali.
  8. تَّقُوااللّٰهَ hukumnya Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah yang berharakat dhamah. Cara membacanya tebal.
  9. لَعَلَّكُمْ تُرْ hukumnya Idhzar syafawi karena huruf mim sukun bertemu huruf ta. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.
    10.تُرْحَمُوْنَ hukumnya Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dipanjangkan selama 2 sampai 6 harakat.

Sampai di sini semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semua. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.