Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Kautsar

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan berbagi kepada sobat semuanya. Kami akan berbagi tentang analisis hukum tajwid. Kali ini tentang hukum tajwid Al-Quran Surat Al-Kautsar. Tentunya dari ayat 1 hingga 3 atau semuanya. Surat Al-Kautsar ini sangat sering dibaca di dalam majelis pengajian, sekolah, atau pun di dalam shalat berjamaah. Sang imam dalam shalat berjamaah lima waktu begitu sering membaca surat ini. Berikut ini kita simak uraian lengkapnya.

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Kautsar

Penjelasan secara terperinci dari hukum tajwidnya adalah:

  1. اِنَّاۤ yang mana ada dua hukum di sini, pertama ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Yang kedua, mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2/ 4 atau 5 harakat.
  2. اَعْطَيْنٰكَ hukumnya Mad lin karena huruf ya’ sukun didahului oleh huruf tha berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
  3. اَعْطَيْنٰكَ hukumnya Mad asli atau mad thabi’i karena huruf nun berharakat fathah berdiri dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
  4. الْكَوْثَرَ hukumnya Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf kaf. Dibaca secara jelas.
  5. الْكَوْثَرَ hukumnya Mad lin karena huruf wau sukun didahului oleh huruf kaf berharakat fathah. Dibaca panjang hingga 2 harakat.
  6. وَانْحَرْ hukumnya Idzhar sebab huruf nun sukun bertemu huruf ha’. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.
  7. اِنَّ hukumnya Ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
  8. شَانِئَكَ hukumnya Mad asli atau mad thabi’i karena huruf syin berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
  9. الْاَبْتَر hukumnya Qalqalah sughra karena huruf qalqalah ba’ berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.

Nah, selesailah pembahasan dari hukum tajwid surat Al-Kautsar ini. Harapan kami sobat ngaji semua bisa mendapatkan manfaat dari membaca artikel ini. Sampai di sini dulu kita bertemu kembali pada artikel yang lainnya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *