Hukum Tajwid Surat Al-Ikhlas

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Sobatngaji semua. Kali ini kami akan tuliskan analisis hukum tajwid Surat Al-Ikhlas. Sebuah surat dalam Al-Quran yang terdiri dari empat ayat. Amat sering dibaca tatkala shalat wajib lima waktu. Termasuk pula kala mengerjakan shalat sunah. Kami yakin, sobat semua ingin mengetahui hukum-hukum tajwid yang ada di dalam surat tersebut. Maka untuk lebih baiknya, kita langsung simak uraianya berikut ini.

Hukum Tajwid Surat Al-Ikhlas

Penjelasan dari nomor di bawah ayat 1-4 di atas yakni :

  1. اَللّٰهُ hukumnya Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah berharakat fathah. Cara membacanya tebal.
  2. اَحَدٌ hukumnya Qalqalah kubra karena huruf qalqalah dal diwaqaf. Cara membacanya dipantulkan lebih tebal.
  3. اَللّٰهُ hukumnya Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah berharakat fathah. Cara membacanya tebal.
  4. الصَّمَدُ hukumnya Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah shad. Dibaca idgham (masuk ke huruf shad).
  5. الصَّمَدُ hukumnya Qalqalah kubra karena huruf qalqalah dal diwaqaf. Cara membacanya dipantulkan lebih tebal.
  6. وَلَمْ يُوْلَدْ hukumnya Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf ya’. Cara membacanya dengan jelas.
  7. وَلَمْ يُوْلَدْ hukumnya Mad asli atau mad thobi’i karena huruf ya’ berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
  8. وَلَمْ يُوْلَدْ hukumnya Qalqalah kubra karena huruf qalqalah dal diwaqaf. Cara membacanya dipantulkan lebih tebal.
  9. يَكُنْ لَّه hukumnya Idgham bilaghunnah karena huruf nun sukun bertemu huruf lam tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.
  10. يَكُنْ لَّه hukumnya Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.
  11. كُفُوًااَحَدُ hukumnya Idzhar sebab huruf wau fathah tanwin bertemu huruf hamzah. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.
    12.كُفُوًااَحَدُ hukumnya Qalqalah kubra karena huruf qalqalah dal diwaqaf. Cara membacanya dipantulkan lebih tebal.

Nah, semoga analisis tajwid pada Surat Al-Ikhlas ini memberi manfaat bagi para sobat pembaca sekalian. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *