Doa Selamat Lengkap Arab Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Doa selamat yang panjang atau pendek sangat penting untuk kita pelajari. Dalam kehidupan kita selalu menginginkan kebahagiaan dan keselamatan. Bukan hanya untuk diri sendiri saja tetapi kepada seluruh anggota keluarga pula. Siapa pun kita? Tak ada satu orang pun yang tidak mengharapkan selamat dan bahagia di dalam kehidupannya. Dari awal hingga akhir hidup di dunia ini selalu mengharap bahagia dan juga selamat. Berbagai cara dilakukan oleh manusia untuk meraih bahagia. Dari cara yang halal hingga cara yang haram.

Contoh cara yang haram, misalnya saja seorang pencuri yang dengan berani mencuri sebuah barang yang mahal. Harapan si pencuri tersebut bila dia berhasil mencuri maka ia akan memperoleh barang yang bila dijual ia akan memperoleh uang. Dengan uang itu ia bisa membeli apa saja yang diinginkan. Padahal, tatkala mendapatkan uang itu maka hatinya tidak akan tenteram. Gelisah dan resah selalu menyelimutinya. Belum lagi ia bisa tertangkap dan dihukum akibat perbuatannya.

Untuk contoh mencari kebahagiaan yang halal, sebagai permisalannya ada seseorang yang bernama Yusuf yang berprofesi sebagai seorang karyawan swasta sebuah perkantoran. Ia berangkat pagi dan mulai bekerja pukul 07.30 WIB. Pulang kerja pukul 15.30 WIB. Sampai di rumah sekitar pukul 16.40 WIB. Sesampainya di rumah ia langsung pergi ke kios dekat rumahnya untuk jualan pulsa dan aksesoris komputer. Di kiosnya itu ia pun membuka jasa servis komputer dan printer. Kiosnya tutup jam 10 malam. Hal ini dilakukannya setiap hari terkecuali pada hari sabtu. Ia berharap dapat mendapatkan uang berlebih dengan usaha sampingannya. Dengan itu, ia berharap bisa membangun rumah baru dan mampu membeli mobil baru. Tidak lupa ia pun ingin berangkat haji bersama keluarganya tercinta. Kesemuanya itu baginya adalah sebuah kebahagiaan. Dari dua cara yang ditempuh tersebut, tentu saja yang diridhai oleh Allah Swt. hanyalah yang kedua. Cara inilah yang menjadikan bahagia dan selamat. Tidak hanya ikhtiar saja yang perlu dilakukan. Berdoa ternyata tidak kalah pentingnya.

Sahabat semua tentu sudah sering membaca doa di dalam kehidupan sehari-hari. Kala melakukan aktivitas apa pun maka tidak pernah meninggalkan kegiatan berdoa. Mau makan kita pun membaca doa. Mau tidur kita juga baca doa. Selesai dari makan juga ada doanya. Mau melakukan apa pun selalu membaca doa. Ini merupakan suatu kebiasaan yang amat positif. Hidup akan terasa indah dan mudah kala kita sering membaca doa. Siapa saja entah itu orang miskin atau kaya, masih anak-anak atau sudah dewasa, mereka semua sudah semestinya cinta akan doa.

Seluruh manusia yang hidup di muka bumi selalu berharap akan keselamatan dan kebahagiaan. Baik itu adalah anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang tua. Kaum laki-laki maupun wanita. Dari berbagai bangsa dan bahasa. Tiada yang tidak memiliki cita-cita untuk meraih kedua hal penting itu. Beragam cara dilakukan demi tercapainya sebuah harapan. Saya yakin para pembaca pun demikian adanya. Termasuk saya pribadi juga.
Kehidupan manusia kalau boleh di bagi setidaknya ada dua. Pertama, hidup di dunia ini. Sedangkan yang kedua, hidup di akhirat kelak. Kita sekarang sedang menjalani hidup di alam dunia. Alam dunia memiliki sifat fana. Artinya segala yang ada di dunia ini suatu saat akan musnah. Tak ada yang kekal abadi kecuali Tuhan Yang Maha Kuasa. Sebagus apa pun yang berada di dunia ini akan hilang akhirnya. Seorang yang cantik pun lama kelamaan akan pudar dimakan berjalannya usia. Karena sudah tua misalnya. Demikian juga seorang laki-laki yang super tampan sekali pun.
Barang yang kita miliki pun juga mengalami kerusakan suatu saat. Taruhlah sekarang kita memiliki kendaraan mobil misalnya. Mobil yang termahal dan termewah. Harganya milyaran. Fasilitas sangat lengkap dengan tingkat kenyamanan dan keamanan tinggi. Hari ini mungkin masih bagus. Tetapi suatu saat pasti ada masanya akan usang bahkan tidak berharga sama sekali. Rumah yang kita beli pun suatu saat akan rusak. Misalnya saja catnya mulai luntur dan sudah tak cerah lagi. Demikian kayu, perabot di dalamnya, serta bagian-bagian lainnya. Namun begitu, kita sebagai seorang muslim tidak boleh juga meninggalkan hal-hal keduniaan. Kita perlu kendaraan, makan bergizi, rumah untuk keluarga, pakaian yang baik, dan sebagainya. Itu juga bagian dari kebahagiaan.

Di akhirat pun kita ingin selamat bahagia sebagaimana di dunia. Di sana kita ingin masuk surga yang merupakan tempat yang kekal abadi. Tiada tempat yang lebih baik dari itu. Maka kita pun harus pula berusaha meraihnya. Beribadah kepada Allah Swt. dan mentaati serta menjauhi larangan-Nya adalah salah satu bentuk ikhtiar kita. Di samping itu kita juga mesti membaca doa selamat agar sukses usaha kita. Tidak hanya sekali saja membacanya. Namun perlu berkali-kali. Kita tentu di dunia maupun akhirat ingin mendapat keselamatan dan kebahagiaan. Berikut lafazh doanya.
Untuk yang pertama :

doa selamat dunia akhirat

Latinnya :
RABBANAA AATINAA FIDDUN YAA HASANAH, WA FIL AAKHIRATI HASANAH, WA QINAA ‘ADZAA BANNAAR.
Artinya :
“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.”
Doa ini diambil dari Surat Al Baqarah ayat 201.

dan untuk yang kedua :

doa selamat panjang

Latinnya :
ALLAAHUMMA INNAA NAS ALUKA SALAAMATAN FID DIINI WA ‘AAFIYATAN FIL JASADI WA ZIYAADATAN FIL ‘ILMI WA BARAKATAN FIR RIZQI WA TAUBATAN QOBLAL MAUTI WA RAHMATAN ‘INDAL MAUTI WA MAGHFIRATAN BA’DAL MAUT.
Artinya :
“Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesehatan pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati dan keampunan sesudah mati.”

Silakan sobat ngaji memilih salah satu dari doa di atas. Sangat bagus bila keduanya sering dibaca. Misalnya saja saat sesudah mengerjakan shalat wajib lima waktu. Bisa juga pada momen yang lainnya. Semoga artikel ini menambah manfaat bagi para pembaca yang berbahagia. Moga semuanya selalu selamat dalam menjalani ativitas hariannya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

https://poskajian.blogspot.com/2018/11/doa-mohon-keselamatan-dunia-akhirat.html