Doa Sebelum Tidur Lengkap Arab Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Gimana kabar hari ini sobat semua? Tetap semangat dan selalu bersyukur bukan? Alhamdulillah kalau begitu. Kita mau bahas doa sebelum tidur lengkap dengan arab latin serta artinya. Masalah tidur tentu menjadi hal yang rutin dilakukan oleh semua manusia, termasuk diri kita sendiri. Kita semua tidak ada yang gak pernah tidur dalam kehidupan ini. Tidak ada satu pun orang yang kuat tidak tidur dalam hidupnya. Kalau hanya tidak tidur dalam sehari semalam saja mungkin ada yang kuat. Meskipun kebanyakan orang sudah sulit melakukan hal itu. Setiap hari kita tidur adalah sebuah nikmat yang begitu luar biasa. Khususnya di malam hari orang tidur. Kalau di siang hari mungkin tidak semua bisa melakukannya karena umumnya orang menggunakan waktu di siang hari untuk bekerja mencari nafkah serta berbagai aktivitas yang lainnya. Tetapi, sebagian ada pula yang menjadikan waktu istirahat saat bekerja untuk diisi dengan tidur siang. Meskipun tentu durasinya tidur cukup pendek. Tidak masalah. Bagus saja itu kok. Cuma kalau sedang bekerja atau belajar terus tidur, nanti tidak akan rampung pekerjaan atau tugasnya. Iya, kan?

Waktu malam memang sebaiknya digunakan untuk beristirahat. Terutama untuk tidur. Dan ternyata tidur di waktu malam sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Ini sesuai dengan firman Allah Subhanahu wa ta’ala di dalam Al-quran Surat Al-Mukmin ayat 61 yang artinya : “Allah-lah yang menjadikan malam untuk kamu supaya kamu beristirahat padanya; dan menjadikan siang terang benderang. Sesungguhnya Allah benar-benar mempunyal karunia yang dilimpahkan atas manusia, akan tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur.” Jadi, fitrahnya manusia adalah tidur di saat malam hari. Tentu saja sebaiknya sebagian malam dipakai pula untuk ibadah kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, misal untuk membaca ayat-ayat Al-Quran, shalat tahajud serta berdzikir.

Sebagai seorang muslim yang baik, tidur tidak semata-mata untuk istirahat saja. Akan tetapi, tidur juga diniatkan sebagai bagian dari ibadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Tidur juga menjadi hak dari tubuh kita untuk beristirahat. Dalam tidur pun ternyata ada doanya. Ada doa sebelum tidur yang bisa kita baca, lho. Mengenai lafazhnya, berikut silakan disimak bersama.

DOA SEBELUM TIDUR YANG PERTAMA

Doa Sebelum Tidur Lengkap Arab Latin dan Artinya

Latinnya :
BISMIKA ALLAHUMMA AHYAA WA BISMIKA AMUUT.
Artinya :
“Dengan menyebut nama-Mu Ya Allah aku hidup dan dengan menyebut nama-Mu Ya Allah aku mati. “

DOA SEBELUM TIDUR YANG KEDUA

Doa Sebelum Tidur Pendek

Latinnya :
BISMIKA ALLAHUMMA AMUUTU WA AHYAA
Artinya : “Dengan nama-Mu, ya Allah. Aku mati dan hidup.”

DOA SEBELUM TIDUR YANG KETIGA

Doa Sebelum Tidur

Latinnya :
ALLAHUMMA QINII ‘ADZAABAKA YAUMA TAB’ATSU ‘IBAADAK. (Dibaca tiga kali).
Artinya : “Ya Allah! Jauhkanlah aku dari siksaanMu pada hari Engkau membangkitkan hamba-hambaMu.” (Dibaca tiga kali).

DOA SEBELUM TIDUR YANG KEEMPAT

Doa Sebelum Tidur Panjang

Latinnya :
BISMIKA RABBII WA DHA’TA JANBII, WA BIKA ARFA’AHU, FA IN AMSAKTA NAFSII FARHAMHAA, WA IN ARSALTAHAA FAHFAZHHAA BIMAA TAHFAZHU BIHI ‘IBAADAKASH SHAALIHIIN.
Artinya :
” Dengan nama Engkau, wahai Tuhanku, aku meletakkan lambungku. Dan dengan namaMu pula aku bangun daripadanya. Apabila Engkau menahan rohku (mati), maka berilah rahmat padanya. Tapi, apabila Engkau melepaskannya, maka peliharalah, sebagaimana Engkau memelihara hamba-hambaMu yang shalih.”

DOA SEBELUM TIDUR YANG KELIMA

Doa Sebelum Tidur Panjang Lengkap

Latinnya :
ALLAHUMMA INNAKA KHALAQTA NAFSII WA ANTA TAWAFFAAHAA, LAKAMAMAATUHAA WA MAHYAAHAA, IN AHYAITAHAA FAHFAZH-HAA, WA IN AMATTAHAA FAGHFIRLAHAA, ALLAHUMMA INNII AS-A ALUKAL’AAFIYAH.
Artinya :
” Ya Allah. Sesungguhnya Engkau menciptakan diriku, dan Engkaulah yang akan mematikannya. Mati dan hidupnya hanya milikMu. Apabila Engkau menghidupkannya, maka peliharalah. Apabila Engkau mematikannya, maka ampunilah. Ya Allah! Sesungguhnya aku memohon kepadaMu keselamatan.”

Dengan berbagai macam bacaan tersebut maka kita bisa memilih untuk membaca salah satu doa di atas. Lafazhnya ada yang pendek dan ada pula yang panjang. Kita juga boleh membaca semuanya. Makna yang terkandung dari doa di atas sangatlah bagus. Kita sebagai manusia yang lemah dan tidak berdaya hendaknya selalu mengagungkan Allah subhanahu wa ta’ala. Sering menyebut nama Allah dalam memulai segala kebaikan. Kita pun memohon agar selalu diberi rahmat dan keselamatan. Selain itu, kita memohon agar di saat dibangkitkan nanti kita diringankan perhitungan amal kita. Semoga bermanfaat untuk sobat ngaji dan para pembaca sekalian. Salam sukses untuk semua. Tidur kita akan semakin bermakna dengan diawali membaca doa. Wassalamualaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *