3 Macam Doa Panjang Umur Lengkap Arab Latin dan Artinya

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Kabar baik untuk para pembaca yang berbahagia. Semoga kebaikan selalu mengiringi kehidupan Anda semua. Kita akan membahas tentang sebuah doa yang sangat penting. Itulah doa memohon panjang umur. Masalah umur atau sering pula disebut usia sangatlah penting sekali. Bahkan ada yang tiap tahun merayakan hari lahirnya. Mereka mengatakan panjang umurnya, panjang usianya. Doa mengenai panjang umur ini memang bisa untuk diri sendiri. Tetapi bisa juga untuk mendoakan panjang umur bagi orang lain misalnya orang tua, guru, dan teman. Kalau didefinisikan, umur merupakan sebuah satuan waktu untuk mengukur lamanya sesuatu itu sedari awal ada hingga waktu tertentu. Misalkan seseorang bernama Amir, bila mana ia disebutkan berumur 27 tahun maka pengertiannya bahwa si Amir itu sejak lahir sampai sekarang lamanya di dunia ini sudah 27 tahun.

Umur tidak hanya digunakan untuk menyebutkan masa hidup manusia saja. Hewan, pepohonan, alat elektonik, sepeda motor, mobil, pesawat terbang, kapal, dan sebagainya juga terkadang disebutkan pula umurnya. Misalnya saja ada orang yang mau membeli sebuah pohon jati yang besar ukurannya. Orang akan bertanya kepada si penjualnya. Berapa umur dari pohon jati ini ? Dengan mengetahui umur pohon tersebut maka si pembeli akan mengetahui kualitas kayunya. Cara ini akan membantu sang penjual memberikan perhitungan harga yang lebih tepat. Sehingga tidak akan timbul kerugian. Demikian pula dengan orang yang hendak membeli mobil. Ia juga akan bertanya tentang umur mobil tersebut. Semakin umurnya muda maka akan lebih mahal harganya. Tentu saja sang penjual akan mengecek semua hal tentang mobil tersebut. Baik mengenai mesin, body, fasilitas dan lain-lain.

Manusia hendaknya bisa mensyukuri atas nikmat usia ini. Dengan memiliki usia maka kita telah diberi kesempatan oleh Allah Swt. Kita dapat menikmati segala kenyamanan dan kesenangan tatkala di dunia. Tidak salah hal itu dilakukan asalkan tidak melanggar larangan-Nya. Hakikatnya, diberinya umur yang panjang itu akan memberikan peluang besar bagi setiap muslim untuk bisa lebih banyak beramal shalih dan berkarya untuk kehidupan. Tentunya supaya orang mengerti akan nikmat umur ini maka ia harusnya sadar terlebih dahulu. Ia mesti menyadari bahwa umur yang diberi itu adalah karunia Allah Swt.

Banyak hal yang dilakukan manusia demi mendapatkan umur yang panjang dan bisa hidup lama di dunia. Meskipun itu adalah ikhtiar dan Allah saja yang Maha Menentukan. Ada yang rajin sekali berolah raga. Amat teratur dalam mengatur waktu sehingga ia bisa berolah raga setiap hari. Bisa dengan berlari, berjalan, berenang, dan sebagainya. Ada pula orang yang menyeleksi betul makanan yang akan disantap. Makanan yang dipilih hendaknya jauh dari zat pencemar yang akan merugikan kesehatan tubuhnya. Ada pula yang menghindari stress. Karena dalam benaknya, apabila sering stress maka mudah terserang penyakit.

Cara-cara tersebut tidaklah salah. Untuk menyempurnakanya hendaknya pula membaca doa panjang umur secara berkali-kali. Tidak cukup hanya sekali saja. Mengenai lafazh doanya ialah
Doa panjang umur yang pertama :

doa panjang umur yang pertama

Latinnya :
ALLAAHUMMA INNAANAS ALUKA THUULAL ‘UMURI, BITHTHAA ‘ATI, WAKHTIM LANAA BIL A’MAALISH SHAALIHAH.
Artinya :
Ya Allah, kami mohon kepada-Mu umur yang panjang, umur yang selalu digunakan untuk taat kepada-Mu, dan akhirilah umur kami dengan perbuatan yang baik.

Doa panjang umur yang kedua :

doa panjang umur yang kedua

Latinnya :
ALLAHUMMA THAWWIL UMUURANA, WA SHAHHIH AJSAADANA, WA NAWWIR QULUUBANA, WA TSABBITS IIMAANANAA, WA AHSIN A’MAALANAA, WA WASSI’ ARZAQANAA, WA ILAL KHAIRI QARRIBNAA, WA ‘ANISYSYARRI AB’IDNAA, WAQDHI HAWAA IJANAA FIDDIINI WADDUN YAA WAL AAKHIRATI INNAKA ‘ALAA KULLI SYAI-IN QADIIR.
Artinya :
Ya Allah, panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Doa panjang umur yang ketiga :

doa panjang umur yang ketiga

Latinnya :
ALLAHUMMA AK TSIR MAALI, WA WALADII, WA BAARIKLII FIIMAA A’THAITANII WA ATHIL HAYAATII ‘ALAA THAA’ATIKA, WA AHSIN ‘AMALII WAGHFIR LII.
Artinya :
Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.

Kita bisa mengamalkan ketiga-tiganya. Amat mudah dihafal karena tidak panjang alias relatif pendek. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.