Home > DOA > Doa Orang Yang Mengalami Kesulitan Lengkap Arab Latin Artinya

Doa Orang Yang Mengalami Kesulitan Lengkap Arab Latin Artinya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Kesulitan dalam kehidupan ini tidak jarang dialami oleh hampir semua orang yang ada di muka bumi. Meski jenis kesulitan yang dihadapi oleh masing-masing orang tentunya berbeda satu sama lain. Tetapi, yang namanya kesulitan tetap sama adanya. Memang, tidak ada satu pun orang yang ingin mendapatkan kesulitan dalam perjalanan hidupnya. Sebab ketika seseorang mendapat kesulitan itu rasanya memang sungguh tidak mengenakkan. Saya yakin semua orang akan sama memandang sebuah kesulitan.

Hingga pada akhirnya kita pun ingin terbebas dan terangkat dari kesulitan yang menimpa. Kita memohon dengan sepenuhnya kepada Allah subhanahu wa ta’ala agar dijauhkan dan terjauhkan dari berbagai kesulitan. Berdoa adalah cara yang terbaik. Allah subhahanahu wa ta’ala telah berfirman di dalam Surat Al-Baqarah ayat 186, yang artinya: “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.”

Di dalam ayat yang lainnya, tepatnya di dalam Surat Al-A’raf ayat 55-56, yang artinya: Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut. Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan.

Dari sini sangatlah jelas sekali bahwa berdoa menjadi hal yang diperintahkan. Apalagi ketika ada kesulitan yang menimpa. Pada saat itulah, doa saat mengalami kesulitan diucapkan. Lebih banyak berdoa akan menjadi lebih baik. Dari doa itu seseorang mohon agar kesulitannya bisa segera terangkat dan teratasi. Doa juga bagian penting dalam ibadah.

Di kala sedang mengalami kesulitan lalu seseorang memanjatkan doa adalah langkah yang amat terpuji. Sudah selayaknya orang yang mengalami kesulitan itu banyak memohon kepada Allah subhanahu wa ta’ala agar terangkat kesulitannya. Bentuk permohonan itu ialah dengan berdoa. Akan sangat berbeda bila orang yang sedang mengalami kesulitan itu malah berputus asa. Ia malahan mencari cara mengatasi masalahnya dengan cara-cara yang tidak diridhai oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Tentu ini akan menjadi perbuatan yang tercela dan jauh sekali dari kemuliaan.

Doa Orang Yang Mengalami Kesulitan

Untuk berdoa, tentu kita mesti mengetahui lafadznya dengan baik. Nah, sobat ngaji bisa menyimak lafadz doanya berikut ini.

Doa Orang Yang Mengalami Kesulitan

latinnya:
ALLAAHUMMA SAHLA ILLAA MAA JA’ALTAHU SAHLAA WA ANTA TAJ ‘ALUL HAZNA IDZAA SYI’TA SAHLAA.
Artinya :
“Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.”

Doa di atas dibaca ketika seseorang muslim mengalami kesulitan. Mengenai jumlah berapa kali membacanya tidak ada batasanya. Banyak dibaca doanya atau berkali-kali boleh-boleh saja. Amat bagus jika dibaca pada waktu dan kesempatan dimana pada saat itu termasuk yang paling bagus untuk berdoa. Diakui memang ada beberapa waktu yang amat bagus dipakai untuk berdoa.

Dalam doa yang telah tertulis tersebut, disebutkan bahwa segala kemudahan itu sumbernya dari Allah subhanahu wa ta’ala. Apabila ada sesuatu yang sulit tetapi dijadikan Allah menjadi mudah maka akan mudah jadinya. Dan pada kenyataanya tidak ada yang sulit di dalam pandangan Allah subhanahu wa ta’ala. Mungkin dalam pandangan manusia sebuah urusan atau masalah itu amat sulit lagi pelik. Tidak ada jalan keluarnya sama sekali. Manusia tidak akan mungkin bisa menyelesaikan masalah tersebut. Bahkan seluruh manusia pun bila bersatu tidak akan mungkin mampu menyelesaikan masalah tersebut.

Namun, akan sangat berbeda bila masalah itu dalam pandangan Allah subhanahu wa ta’ala. Tak ada satu pun masalah yang sulit dalam pandangan manusia menjadi berat atau sulit untuk dipecahkan. Di dalam pandangan Allah subhanahu wa ta’ala seluruh masalah itu akan menjadi kecil. Akhirnya, semua masalah yang berat dan sulit di dalam pandangan manusia akan sangat mudah bagi Allah untuk menyelesaikannya. Maka memohon kepada Allah subhanahu wa ta’ala menjadi hal yang amat penting untuk dilakukan. Apalagi di kala sedang mengalami suatu kesulitan. Demikian sedikit yang kami tulis di sini. Harapan kami tulisan ini memberi manfaat bagi sobat ngaji semuanya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

sumber:

https://poskajian.blogspot.com/2018/05/doa-orang-sedang-mengalami-kesulitan.html