Home > DOA > Inilah Lafadz Doa Memohon Kesabaran

Inilah Lafadz Doa Memohon Kesabaran

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Sobat ngaji semoga selalu dalam keadaan sehat dan tak kurang dari suatu apa pun. Pada kali ini, kami akan tuliskan doa memohon kesabaran yang lengkap dengan artinya atau terjemahan dalam bahasa Indonesia. Menjadi hal yang cukup penting untuk kita membahas mengenai masalah kesabaran.

Kehidupan manusia membutuhkan kesabaran. Maka sifat sabar ini perlu dipupuk dalam perjalanan kehidupan manusia. Ketika datang sebuah musibah maka sikap sabar menjadi hal yang amat penting untuk dikedepankan. Banyak sekali musibah yang datang menimpa manusia. Kita kalau menyaksikan berita baik itu melalui media televisi, radio, media cetak, dan juga media online internet maka hati kita begitu sedih.

Banyak musibah yang terjadi seperti gempa bumi, angin kencang, banjir bandang, pesawat terbang jatuh, kapal laut yang tenggelam, gunung meletus, dan masih banyak lagi contohnya. Banyak korban jiwa maupun harta dari peristiwa tersebut. Kejadian semacam itu menjadi hal yang banyak disaksikan. Bahkan tidak sedikit pula orang yang mendapatkan ujian berupa musibah semacam itu. Tentu saja peristiwa tersebut membuat kesedihan dan kesusahan.

Sebagai manusia yang lemah maka mesti memohon pertolongan dari Allah subhanahu wa ta’ala. Manusia merupakan hamba-Nya. Sudah semestinya kita sebagai manusia untuk melafadzkan doa memohon kesabaran untuk menghadapi situasi seperti itu. Kita bisa membaca doa tersebut tiap waktu. Dengan kita mendapatkan pertolongan dari Allah subhanahu wa ta’ala untuk bisa sabar maka akan beruntunglah hidup kita.

Untuk lafadz dari doanya yakni:

Doa Memohon Kesabaran

Latinnya :
RABBANAA AFRIGH ‘ALAINAA SHABRAN WA TSABBIT AQDAAMANAA WAN SHURNAA ‘ALAL QAUMIL KAAFIRIIN.
yang artinya :
“Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir.

Tidak begitu panjang doanya. Kita bisa mudah untuk menghafalnya. Dengan hadirnya kesabaran maka akan berujung kepada keberuntungan. Dalam menghadapi segala hal, sifat sabar ini amatlah penting. Dalam kehidupan sehari-hari pun, kesabaran menjadi bagian penting yang tidak boleh untuk diabaikan begitu saja.

Tak hanya berkaitan dengan musibah saja. Kesabaran cakupannya sangat luas sebetulnya. Di kala kita menghadapi berbagai persoalan kehidupan ini, kesabaran ternya amatlah penting. Baik itu persoalan yang dianggap kecil maupun persoalan yang cukup besar. Seorang yang punya kesabaran maka pada hakikatnya ia telah memiliki modal yang besar untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Bahkan peluang untuk selesainya sebuah masalah menjadi amat besar.

Berdoa adalah sesuatu yang amat diperintahkan. Seseorang manusia yang tidak mau berdoa maka ia termasuk yang sombong. Seolah-olah ia sudah mampu dan cukup dengan kemampuannya. Padahal, manusia itu makhluk yang lemah sekali. Amat perlu manusia itu untuk berdoa memohon pertolongan dari-Nya. Termasuk di dalam hal kesabaran ini. Kita sudah seharusnya berdoa memohon kesabaran selalu. Kesabaran akan membawa keberutungan dan kemenangan dalam segala masalah. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.