Doa Memakai Pakaian Baru Arab Latin Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Dalam kesempatan penuh kebahagiaan ini kami hendak mau berbagai sebuah doa. Kita tahu bahwa tujuan utama diciptakannya manusia ialah untuk beribadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Berdoa merupakan inti dari ibadah. Ada banyak sekali aktivitas yang berisi dengan membaca suatu doa. Di dalam shalat misalnya. Di sana penuh dengan doa yang dipanjatkan ke hadiratNya. Ibadah haji juga. Demikian pula ibadah-ibadah yang lainnya. Sehingga tiap hari kita mesti berdoa. Jadi, hal ini sudah tidak asing lagi bagi kita semua.

Teman-teman tentu sudah mengenal pakaian. Tidak asing lagi yang namanya pakaian itu. Sudah sangat akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Tiada satu hari pun yang kita tak mengenakan pakaian. Mungkin teman-teman jarang berpikir bagaimana kondisi zaman dahulu. Apakah manusia juga sudah berpakaian selayaknya sebagaimana kita jumpai saat ini? Tentu saja tidak. Perjalanan zaman selalu diiringi dengan perubahan-perubahan. Tak terkecuali dengan pakaian ini. Konon dahulu kala orang berpakaian itu dengan menggunakan benda yang amat sederhana. Orang hanya menggunakan kulit hewan, kulit pepohonan, dan bahkan dedaunan untuk menutupi tubuhnya. Tentu saja tidak sesempurna dengan pakaian yang umum saat ini.

Selanjutnya, ketika zaman berjalan perubahan pun mengiringinya. Muncul alat pembuat benang dari bahan kapas. Singkatnya, dalam waktu selanjutnya berkembang mesin tenun untuk membuat kain. Dari kain inilah terbuat berbagai jenis dan model pakaian sebagaimana sekarang kita nikmati. Perubahan seperti ini tidak dalam waktu singkat. Tetapi prosesnya lama sekali. Bahkan berabad abad. Bahkan, kalau kita baca sejarah kehidupan para sahabat Nabi Muhammad Shallallahu wa ‘alaihi wa salam, ada beberapa kisah yang mana pakaian yang dimiliki oleh tiap orang itu sedikit tidak banyak. Istilahnya sekarang, tiap orang hanya memiliki pakaian beberapa stel. Bahkan, kalau kita melihat puluhan tahun yang lalu dimana kakek nenek kita masih hidup. Belum banyak pakaian yang beredar di masyarakat. Kalau pun ada, tidak setiap orang yang mampu membelinya. Mereka mengenakan pakaian ala kadarnya.

Sebagai umat Islam, mana kala kita sekarang sudah makmur dengan ditandai banyaknya pakaian yang dimiliki maka kita mesti lebih bersyukur kepada Allah. Fungsi utama pakaian yaitu untuk menutupi aurat kita. Karena menutup aurat adalah perintah Allah subhanahu wa ta’ala. Dengan menjalankan perintahn-Nya dan menjauhi larangan-Nya maka itu tandanya kita mau bersyukur. Dengan bersyukur maka kita akan ditambah lagi nikmatnya. Persis sebagaimana firman Allah subhanahu wa ta’ala di dalam surat Ibrahim ayat 7 yang artinya “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.

Ayat Al-Quran di atas memang tidak membicarakan khusus tentang pakaian saja. Meskipun memang pakaian itu bagian dari nikmat dan karunia Allah subhanahu wa ta’ala. Kita menganggap bahwasannya pakaian itu termasuk nikmat yang harus kita syukuri. Kalau kita punya pakaian maka mesti dipakai dengan baik. Dalam arti, penggunaan pakaian itu sesuai dengan apa yang diperintahkan dalam agama. Bukan sebaliknya, memakai pakaian dengan cara yang dilarang oleh agama.

Ada kalanya kalau kita diberi rezeki berlebih maka kita membeli pakaian baru. Baik itu baju atau celana misalnya. Bisa pula kita diberi hadiah oleh orang lain berupa pakaian. Yah, kan yang namanya rezeki itu kan tidak hanya dari gaji atau honor saja? Allah yang Maha Pemberi Rezeki kepada para hamba-hamab-Nya. Di samping itu, tatkala kita berpakaian tersebut maka kita hendaknya membaca doa memakai pakaian baru dengan khusyuk. Mengenai lafazhnya ialah:

Doa Memakai Pakaian Baru

Latinnya :
BISMILLAA HIRRAHMAA NIRRAHIIM.
ALLAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA KASAUTANIIHI AS ALUKA MIN KHAIRIHI WA KHAIRI MAA SHUNI’A LAHU WA A’UDZU BIKA MIN SYARRIHI WA SYARRI MAA SHUNI ‘ALAH.
Artinya :
” Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.”
” Ya Allah, hanya milik-Mu lah segala pujian. Engkaulah yang memberi pakaian ini kepadaku. Aku memohon kepada-Mu untuk memperoleh kebaikan dari pakaian ini dan kebaikan yang ia diciptakan karenanya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatannya dan kejahatan yang diciptakan karenanya.”

Di dalam makna doa itu kita memuji kebesaran Allah subhanahu wa ta’ala. Memang hanya Allah sajalah yang berhak mendapatkan pujian kebesaran. Karena selain Allah azza wa jalla tidaklah layak untuk dipuji melebihi kebesaran Allah. Milik dari segala pujian itu adalah Allah saja. Memuji kebesaran Allah di sini juga termasuk rasa syukur dalam lisan dan hati. Kita yakin bahwa karena pemberian rezeki dari Allah subhanahu wa ta’ala kita bisa memiliki pakaian. Pengakuan ini menjadi sebuah keniscayaan.

Selanjutnya kita pun bermohon diberi kebaikan dengan adanya pakaian yang baru kita kenakan tersebut. Juga tidak lupa memohon dilindungi dari kejahatan atau keburukan dari pakaian yang dipakai. Memang, kita amat perlu sebuah perjuangan untuk bisa rutin membacanya. Ada kalanya manusia lupa saat mengenakan baju baru. Maka, alangkah baiknya kita selalu mengaji atau menuntut ilmu agama Islam. Inilah pentingnya kita mempelajari bacaan doa memakai pakaian baru arab latin artinya, Belajar itu tiada kata berhenti atau ada pensiunnya. Harus terus dilakukan sepanjang hayat dikandung badan. Insya Allah, hidup kita sukses selalu. Amiin. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.