Doa Masuk Masjid Lengkap Latin dan Artinya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Kita perlu mempelajari bacaan doa masuk masjid lengkap latin dan artinya yang sesuai sunah. Sobat ngaji semua tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya masjid. Sebuah tempat yang amat mulia. Di tempat inilah setiap muslim melaksanakan ibadah yang sangat agung. Kita tahu di dalam rukun Islam yang kedua adalah mendirikan shalat wajib lima waktu. Setelah yang pertama membaca dua kalimah syahadat maka yang kedua ialah melaksanakan shalat. Posisi shalat dalam kehidupan ini amatlah penting.

Ibadah shalat yang wajib ini diperintahkan untuk dikerjakan secara berjamaah. Khususnya bagi kaum muslimin laki-laki. Orang yang melaksanakan shalat wajib lima waktu secara berjamaah akan mendapatkan pahala yang berlipat dibanding ia mengerjakannya secara sendirian. Mengerjakan shalat secara sendirian ini disebut juga munfarid. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari disebutkan bahwasannya shalat berjamaah lebih utama dibandingkan shalat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat. Perbandingan mengerjakan shalat berjamaah dengan shalat munfarid yakni pahalanya 27:1. Jauh sekali nilai pahalanya orang yang shalat berjamaah dibanding shalat sendirian.

Antara shalat wajib lima waktu dan masjid memiliki hubungan yang amat erat. Untuk melaksanakan shalat wajib 5 waktu secara berjamaah tersebut kita membutuhkan tempat. Nah, sebuah tempat yang diperintahkan untuk digunakan menjalankan shalat yakni masjid. Jadi, dalam sehari semalam atau dua puluh empat jam tersebut kita mendatangi masjid paling tidak lima kali. Hal itu sesuai jumlah kewajiban shalat yang mesti kita jalankan setiap hari, yaitu: subuh, dzuhur, asar, maghrib, dan isya.

Tidak hanya untuk mendapatkan keutamaan shalat berjamaah saja tatkala kita mendatangi masjid. Bahkan bisa lebih dari itu. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yang artinya: “Karena jika dia berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya. Kemudian keluar menuju masjid hanya untuk shalat. Maka tidaklah ia melangkah kecuali dengan satu langkah itu derajatnya diangkat. Dan dengan langkah itu satu kesalahannya dihapuskan. Jika dia shalat, maka Malaikat senantiasa mendoakannya selama dia berada di tempat shalatnya: Ya Allah, selamatkanlah dia. Ya Allah, rahmatilah dia. Salah seorang di antara kalian senantiasa dalam shalat selama dia menunggu shalat.

Dalam hadits di atas, seseorang akan diangkat derajatnya dan dihapus kesalahannya dalam setiap kaki yang dilangkahkan ke masjid. Di samping itu, orang tersebut akan memperoleh doa dari malaikat. Sungguh keutamaan yang luar biasa. Alangkah meruginya bila seorang muslim laki-laki yang tidak mau pergi ke masjid. Mereka rugi lantaran tidak mendapatkan keutamaan yang sungguh luar biasa besarnya. Di dalam ayat Al-Quran tepatnya Surat At-Taubah ayat 18, artinya: Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan salat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada apa pun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk.

Orang-orang yang kesehariannya akrab dengan masjid, selalu masuk dan keluar dari masjid berkali-kali dengan tujuan beribadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala maka mereka disebut sebagai seorang yang beriman. Aktivitas seseorang yang memakmurkan masjid dengan salah satu contohnya ialah orang tersebut sering beribadah di masjid menjadi ciri orang-orang yang beriman. Sebuah praktek nyata bahwasannya orang-orang tersebut memang benar-benar beriman kepada Allah yang Maha Kuasa. Jika kita ingin mendapatkan keutamaan tersebut maka mulai saat ini hendaknya rajin beribadah ke masjid. Memang ibadah yang sering dilakukan di dalam masjid itu ialah shalat wajib lima waktu. Namun, ada berbagai macam ibadah yang lainnya yang biasa dikerjakan di dalam masjid. Sebagai contoh ialah shalat sunah tarawih di bulan ramadhan, pengajian, kegiatan TPQ (taman pendidikan Al-Quran), tadarus Al-Quran dan itikaf di sepuluh hari terakhir bulan ramadhan.

Di kala kita hendak masuk masjid maka kita perlu pastikan sudah dalam bersih dan suci. Kita periksa pakaian dan badan kita agar benar-benar bersih. Tidak ada kotoran yang menempel baik pada badan maupun pakaian. Selain itu, yang dimaksud suci ialah kita sudah berwudhu. Terutama kalau kita hendak menjalankan ibadah shalat di masjid. Selain itu, kita diperintahkan untuk membaca doa masuk masjid dengan khusyuk. Hal ini termasuk adab yang sudah semestinya tidak ditinggalkan. Mudah melakukannya jika kita sudah mengetahui lafadznya.

Sangat penting untuk kita mempelajari bacaan doa ini. Kaitannya kita akan bisa mengamalkannya sebab dalam sehari memasuki masjid paling tidak lima kali sesuai dengan jumlah shalat wajib. Mengenai lafadz doa saat masuk masjid yakni:

doa masuk masjid yang lengkap latin dan artinya

Latinnya :
ALLAHUMMAF TAHLII ABWAABA RAHMATIK.
Artinya:
” Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu “.

Amat singkat doanya. Sangat mudah untuk dihafalkan oleh kita semua. Lafadz doa tersebut bersumber dari hadits yang diriwayatkan oleh Muslim. Setelah kita mengetahui bacaan doa masuk masjid lengkap latin dan artinya maka tinggal mempelajari dengan lebih mendalam. Dalam arti menghafalkannya dan mengetahui artinya. Kala kita mengetahui arti atau maknanya maka kita akan lebih khusyuk tatkala membacanya nanti.

Doa Masuk Masjid Yang Lebih Panjang

Di samping doa yang pendek seperti yang telah kita bahas di atas. Terdapat pula doa masuk masjid yang lebih atau agak panjang. Untuk lafazhnya silakan kita simak berikut ini:

doa masuk masjid panjang

Latinnya :
BISMILLAAH WASSALAAMU ‘ALA RASUULILLAH. ALLAAHUMMAGHFIR LII DZUNUUBII WAFTAHLII ABWAABA RAHMATIK”.
Artinya:
“Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah kepadaku pintu rahmat-Mu”.

Membaca doa ini juga termasuk ibadah yang tentu saja akan diberi pahala. Maka alangkah baiknya kita biasakan di dalam keseharian kita untuk membaca doa masuk masjid tatkala akan memasukinya. Untuk membacanya tentunya saat masuk ke dalam masjid. Maka pergi ke masjid untuk melaksanakan shalat wajib berjamaah lima waktu amat ditekankan bagi para laki-laki. Sampai di sini dahulu semoga memberi pencerahan dan manfaat bagi semua pembaca yang berbahagia. Kehidupan kita akan sukses bila mana selalu melaksanakan ibadah yang diperintahkan Allah subhanahu wa ta’ala. Semoga kita dimudahkan selalu dalam segala urusan. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

sumber : https://poskajian.blogspot.com/2018/12/doa-masuk-masjid-lengkap-arab-latin-artinya.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *