Doa Ketika Bersin Arab Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Teman-teman tentu sudah pernah merasakan bersin. Sesuatu yang amat sering terjadi pada diri kita. Terkadang dalam sehari kita bisa bersin berkali-kali. Hal yang wajar sebetulnya ketika kita bersin itu. Bisa bersin dengan lancar merupakan nikmat tersendiri. Rasanya amat lega dan menyenangkan kita bisa bersin itu. Sebuah nikmat yang luar biasa kita rasakan. Dan itu gratis tidak membayar sedikit pun untuk bisa bersin.

Seorang yang bersin memang terkadang ada beberapa penyebabnya. Meskipun terkadang sesuatu yang muncul tiba-tiba saja. Terdapat beberapa sebab seseorang sampai bersin. Diantara penyebabnya, antara lain:

  1. Kita menghirup udara yang dingin.
  2. Menikmati makanan yang cukup pedas.
  3. Dekat dengan orang yang menggoreng cabai.
  4. Menatap wajah ke matahari secara langsung.
  5. Mengalami situasi emosi yang cukup kuat.

Mungkin masih ada lagi penyebab yang lainnya sehingga seseorang sampai bersin. Bisa bersin menjadi hal yang mesti kita syukuri. Hal itu sebuah nikmat yang besar dari Allah subhanahu wa ta’ala. Sebagai bentuk syukur saat kita bisa bersin maka kita perlu memperhatikan adab-adab dan akhlak yang mulia. Satu diantaranya ialah kita membaca doa di kala bersin dengan sebaik mungkin.

Doa ketika bersin

Masalah doa dalam kehidupan sehari-hari kita sangatlah penting. Berkenaan dengan doa saat atau ketika bersin maka kita perlu mengetahuinya. Dari tahu akan lafadz doa tersebut maka kita nanti bisa membaca, mempelajari, menghafalkan dan yang terutama adalah mempraktekkan atau mengamalkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Berikut lafadznya.

doa ketika bersin sesuai sunah

latinnya:
ALHAMDULILLAH
Artinya :
“Segala puji bagi Allah.”

Cukup mudah karena kita sudah begitu sering mendengar bacaan tersebut. Sering pula dinamakan bacaan tahmid. Masalah menghafalkannya pun kami kira tidaklah masalah sama sekali. Tinggal kita mengamalkan untuk membaca tahmid tersebut di saat bersin. Ini yang perlu dipikirkan dan dibiasakan. Meski mudah membacanya, namun kalau tidak terbiasa maka akhirnya juga tidak membacanya.

Pembiasaan memang menjadi perhatian. Syukur kalau kita sudah memulai membiasakan yang baik-baik semenjak usia dini. Termasuk kaitannya dengan mambaca doa ketika bersin tersebut. Tetapi kalau kita hari baru tahu ilmunya mengenai bacaan doa tersebut tentu tidaklah bermasalah. Meskipun usia kita terbilang tidak lagi muda tidaklah mengapa. Kita masih punya kesempatan yang luas untuk mengamalkan bacaan mulia ini. Jangan lupa, bahwasannya dengan kita mengamalkan doa tersebut maka dinilai sebuah oleh ibadah.

Selain berdoa seperti di atas, ada adab yang lain yang perlu pula untuk diamalkan. Adab yang penting itu yakni perlunya untuk mengecilkan suara ketika kita bersin. Memang saat orang bersin itu mau tidak mau akan memunculkan suara yang cukup keras. Saat bersin kita mengeluarkan udara dengan cukup keras. Cukup kuat dan dihentakkan pula suaranya. Tetapi, kita bisa mengurangi atau menurunkan suara saat bersin. Merendahkan suara saat bersin ini bagian dari akhlak yang terpuji. Sangat perlu menjadi perhatian. Demikian, semoga artikel ini menambah kemanfaatan bagi teman-teman semuanya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.