Doa Dimudahkan Segala Urusan Arab Latin Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Doa dimudahkan segala urusan memang menjadi bacaan penting untuk kita semua. Hidup di dunia tidak lepas dari yang namanya urusan. Setiap hari kita melaksanakan segala aktivitas. Apa saja yang kita lakukan itu selalu ingin mendapatkan kemudahan. Manusia dari hari ke hari memang hidup dalam rangka menyelesaikan berbagai urusannya. Lembaran hari yang dilaluinya selalu dipakai untuk merampungkan aneka urusan dalam hidup ini.

Dalam menyelesaikan berbagai urusan tersebut kita perlu berusaha dengan sebaik-baiknya. Segala upaya dilakukan agar berbagai urusan kita itu bisa selesai. Tidak cukup selesai saja akan tetapi hasilnya pun juga memuaskan. Mengandalkan pikiran, tenaga, uang dan sumber daya yang lainnya saja rasanya tidak cukup untuk membuat urusan kita cepat selesai. Ada faktor lainnya yang perlu untuk kita perhatikan. Memohon pertolongan dari Allah subhanahu wa ta’ala itu juga amat penting.

Kita bisa sukses dalam hidup ini tidak hanya berkat dari usaha atau ikhtiar. Doa menjadi faktor paling penting juga. Tidak bisa dikesampingkan yang namanya doa itu. Berdoa menjadi kegiatan yang paling pertama kita lakukan sebelum melakukan berbagai aktivitas kaitannya dengan menyelesaikan aneka urusan hidup ini. Kalau ditanya apa saja urusan kita maka amatlah banyak. Bergantung kepada beberapa hal mengenai banyaknya urusan dari seseorang.

Doa agar dimudahkan urusan

Usia, profesi, kedudukan di dalam masyarakat, dan masih banyak lagi yang menjadi faktor mengenai urusan apa saja yang dilakukan oleh orang tersebut. Semua urusan tersebut kita ingin bisa selesaikan dengan mudah. Tuntas dan hasilnya sesuai dengan apa yang diharapkan. Maka doa dimudahkan segala urusan menjadi perlu kita ketahui. Perlu kita pelajari bahkan sehingga kita benar-benar tahu dan hafal. Lafadznya doanya yakni.

doa dimudahkan segala urusan

Latinnya:
ALLAHUMMA LAA SAHLA ILLA MAA JA ‘ALTAHU SAHLAN WA ANTA TAJ ‘ALUL HAZNA IDZAA SYI ‘TA SAHLAA.
Artinya:
” Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau jadikan mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah”.

Doa tersebut berdasar dari hadits Ibnu Hibban. Dalam teks doa di atas kita memohon kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Bahwasannya kemudahan itu asalnya dari Allah saja. Tiada satu pun kemudahan melainkan datangnya dari Allah subhanahu wa ta’ala. Segala kesulitan pun akan berubah menjadi mudah bila mana Allah menghendaki hal itu. Maka dari itu, sudah selayaknya bahwa kita memohon agar Allah subhanahu wa ta’ala memberi kemudahan kepada urusan kita. Segala kesulitan yang dihadapi bisa berubah menjadi mudah.

Terdapat doa yang lainnya mengenai permohonan agar dimudahkan segala urusan kita ini. Doa tersebut lafadznya adalah.

doa mohon kemudahan urusan

Latinnya:
YAA HAYYU YAA QAYYUUMU BI RAHMATIKA ASTAGHIITSU ASHLIH LII SYA’ NII KULLAHU WA LAA TAKILNII ILAA NAFSII THARFATA ‘AIIN.
artinya:
“Wahai yang Maha Hidup dan Maha Terjaga, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan Engkau limpahkan (semua urusan) terhadap diriku walau sekejap mata”.

Dalam doa mohon kemudahan urusan ini, kita menyebut keagungan Allah subhanahu wa ta’ala. Allah Maha Hidup dan Maha Terjaga. Tidak pernah satu saat pun Allah sampai luput pengawasannya kepada seluruh makhluk di seluruh alam semesta ini. Baik itu manusia atau pun makhluk lainnya yang jumlahnya tidak terhingga. Allah tidak pernah tidur. Berbeda dengan manusia yang amat lemah. Yang dalam sehari-hari selalu tidur untuk menjaga kesehatannya. Dalam segala urusan kita bermohon agar diperbaiki dan dimudahkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Mesti hanya sekejap mata saja pun kita tetap memohon agar tidak dilepaskankan dari pertolongan-Nya.

Ada juga doa yang lain berkaitan permohonan agar kita mendapatkan kemudahan dalam berbagai urusan kehidupan ini. Doa berikut ini bisa juga kita membacanya.

doa agar diberi kemudahan dalam segala urusan

latinnya:
RABBANA AATINAA MIN LADUNKA RAHMAH WA HAYYI’ LANAA MIN AMRINAA RA SYADAA.
artinya:
“Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.”

Lafadz doa tersebut bersumber dari Al-Quran Surat Al-Kahfi ayat 10. Surat Al-Kahfi merupakan Surat yang ke-18 di dalam Al-Quran. Dalam ayat tersebut kita memohon rahmat dari sisi-Nya. Di samping itu, kita memohon petunjuk yang lurus di dalam segala urusan kehidupan kita. Petunjuk dari Allah subhanahu wa ta’ala ini amat dibutuhkan sehingga urusan kita bisa menjadi mudah. Kesulitan pada tiap urusan bisa teratasi dengan baik.

Sobat ngaji bisa memilih untuk membaca diantara doa-doa yang kami sebutkan tersebut. Semuanya baik. Bahkan kalau semuanya dibaca pun juga amat bagus. Tidak masalah. Waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Beberapa waktu yang mustajab tersebut diantaranya pada saat diantara adzan sampai iqomah, saat hujan turun, dan setelah selesai menjalankan shalat wajib lima waktu.

Hidup tidak lepas dari yang namanya urusan. Seorang anak atau pelajar urusannya banyak di bidang sekolahnya. Seorang mahasiswa banyak di bidang perkuliahan urusannya. Para petani urusannya banyak dalam hal mengurusi sawah dan tanaman yang ditanamnya. Seorang pedagang banyak berurusan dengan perniagaan barang dagangannya. Seorang pengusaha sibuk mengurusi usahanya. Itu semua berkaitan dengan profesi sehari-hari.

Di samping itu, setiap saat kita pun juga memiliki urusan dalam lingkup keluarga dan juga masyarakat. Seorang kepala keluarga tentu punya tanggung jawab mengurusi keluarga yang dipimpinnya. Ia mesti menafkahi dengan baik. Termasuk pula memberikan pengayoman kepada seluruh anggota keluarga. Selain itu, seorang juga punya urusan dalam lingkungan tempat tinggalnya. Itulah beberapa urusan dalam kehidupan ini. Meskipun masih banyak lagi aneka urusan yang belum disebutkan di sini. Semuanya pada hakikatnya cuma ingin dimudahkan. Segala urusan ingin selalu mendapatkan kemudahan dari Allah subhanahu wa ta’ala. Sobat ngaji pun tentu berharap juga demikian. Akhirnya, kita hanya bisa selalu berdoa dan berikhtiar agar segala urusan kita menjadi mudah. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

sumber: https://poskajian.blogspot.com/2019/04/doa-mohon-kemudahan-segala-urusan.html