Doa Berlindung Dari Segala Penyakit Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Membaca doa berlindung dari segala penyakit untuk saat ini rasanya hal yang tidak boleh ditinggalkan begitu saja. Sesuatu yang amat penting untuk dilakukan. Bagaimana tidak? Masyarakat dunia pada saat ini sedang menghadapi berbagai penyakit yang berbahaya. Tidak hanya satu wilayah atau tempat saja yang memiliki masalah hal ini. Tetapi hampir semua lokasi wilayah secara merata memiliki permasalahan yang sama. Maka tidak salah bila hal ini disebut sebagai pandemik. Sebuah wabah penyakit yang menerpa hampir seluruh wilayah di seantero dunia. Wabah meluasnya virus corona covid 19 adalah contohnya.

Banyak orang yang merasa kaget dengan kejadian seperti ini. Betapa tidak? Sebelumnya tidak terjadi apa-apa, kini dimana-mana dibahas virus corona tersebut. Bahkan sampai pemberitaan di media televisi dan koran sangat kental dengan tema penyakit yang baru itu. Berbagai usaha dalam mencegah tersebarnya penyakit tersebut pun dilakukan dengan gigih. Baik itu oleh masyarakat secara terkoordinir maupun tiap pribadi. Mereka mulai rajin membersihkan diri dengan dimulai mencuci tangan dengan sabun. Termasuk lingkungan rumah atau tempat tinggal pun dilakukan langkah-langkah nyata untuk kebersihannya. Kontak badan dengan orang lain pun dibatasi. Bahkan antar satu orang dengan yang lainnya pun dianjurkan berjarak maksimal satu meter. Kegiatan-kegiatan yang mesti mengumpulkan banyak orang pun dibatasi bahkan kalau tidak sangat penting maka ditunda untuk sementara waktu. Penundaan itu sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan berakhirnya. Menunggu keadaan sampai mulai baik lagi.

Tindakan nyata dalam mencegah penularan dan penyebaran virus corona tersebut tidaklah salah. Memang yang namanya mencegah itu jauh lebih baik dari pada mengobati. Tindakan preventif harus lebih diutamakan. Kalau sudah sakit maka lebih sulit keadaanya. Sebetulnya, selain penyakit yang diakibatkan oleh virus corona itu masih banyak. Tidak hanya melulu satu penyakit tersebut yang berbahaya. Ada deretan penyakit yang mengakibatkan banyaknya orang meninggal dunia di muka bumi ini. Contoh penyakit tersebut antara lain: Jantung koroner (orang yang mengalami penyakit ini terjadi kondisi penyempitan pada pembuluh darah jantung), stroke (penyakit ini terjadi karena pembuluh darah pada bagian otak tersumbat atauk bahkan pecah), TBC (penyakit yang menyerang paru-paru), kanker dengan segala jenisnya, diabetes (kondisi kadar gula darah yang tinggi dan terjadi dalam jangka panjang), diare (buang air besar berkali-kali yang berakibat cairan tubuh hilang terlalu banyak), dan masih banyak lagi.

Semua penyakit tersebut hendaknya dicegah semaksimal mungkin. Bagaimana pun kesehatan itu amatlah penting. Ia merupakan nikmat yang besar dari Allah subhanahu wa ta’ala. Keberadaannya sangat utama setelah iman dan Islam. Apalah artinya rumah mewah bila penghuninya terbaring tidak berdaya karena sakit. Apalah artinya mobil yang super mewah bila pemiliknya sakit dan tidak bisa menikmati adanya kendaraanya itu. Termasuk uang yang banyak pun sudah tak begitu berarti banyak jika pemiliknya sakit. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kesehatan itu amat penting.

Selain melakukan usaha secara maksimal dengan melakukan pencegahan secara baik dari berbagai penyakit. Melakukan pengobatan pun juga mesti dilakukan. Ketika sudah terbukti seseorang itu sakit maka hendaknya segera berobat. Jika hanya sakit ringan mungkin tidak perlu ke dokter maka tidak masalah. Misalnya saja sakit pilek ringan. Tetapi kalau muncul gejala penyakit yang membahayakan maka tindakan cepat harus dilakukan. Ia mesti segera dibawa ke dokter untuk dilakukan pertolongan. Apalagi bila mendapati penyakit tersebut sangat membahayakan bagi dirinya. Pertolongan terhadap orang yang sakit tersebut jangan sampai terlambat. Sebab bila sampai terlambat dalam penanganannya maka bisa fatal akibatnya.

Pengobatan pun biasanya menggunakan proses yang kadang tidak singkat. Seseorang misalnya terkena sakit TBC. Maka ia mesti minum obat selama berbulan-bulan tanpa putus satu kali pun. Bila mana lupa sehari tidak minum obat maka proses pengobatan harus diawali lagi dari awal. Menghadapi kondisi hal ini perlu kesabaran tersendiri. Penderita penyakit TBC harus sabar meminum obat tiap hari sampai beberapa bulan lamanya. Hingga akhirnya tercapai kesembuhan yang sempurna. Termasuk mereka yang mengalami penyakit lainnya pun juga demikian. Proses yang panjang itu mesti dilakukan guna meraih kesembuhan.

Di samping melakukan pencegahan yang maksimal dan pengobatan bila sudah sakit, kita pun tidak boleh lupa untuk memohon pertolongan kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Baik itu mohon agar dijauhkan dari berbagai penyakit atau pun mohon kesembuhan dari penyakit tertentu yang diderita. Nah, untuk lafazh doa berlindung dari penyakit secara lengkap dengan artinya yakni :

doa berlindung dari segala penyakit

Tulisan latinnya :
ALLAHUMMA INNII ‘AUUDZU BIKA MINAL BARASHI WAL JUNUUNI WAL JUDZAAMI WA SAYYI IL ASQAAM.
Artinya :
Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit kulit, gila, lepra, dan dari penyakit yang jelek lainnya.

Doa ini sangatlah ditekankan untuk dibaca. Bukan hanya saat terjadinya wabah yang menyebar ke seluruh dunia atau adanya pandemik saja. Akan tetapi, doa tersebut tetap sangat bagus bila dibaca tiap masa. Tidaklah merugi orang yang berdoa kepada Tuhan itu. Doa tersebut bersumber dari hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Ahmad. Selain menyempurnakan ikhtiar maka berdoa tetap menjadi prioritas yang utama pula. Semoga kita semua terhindar dan terjauhkan dari berbagai penyakit jelek yang membahayakan. Amiin. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.