Bacaan Doa Berlindung Dari Malas Latin dan Artinya

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Teman-teman tentu sudah sering mendengar kata malas. Di dunia ini, terlalu banyak orang yang mengucapkan kata malas. Tak terhitung jumlahnya. Sulit sekali menghitungnya. Mereka ada di sekitar kita. Karenanya, kata tersebut sudah tak asing lagi di indera dengar kita. Pada umumnya kata ini dijadikan alasan orang yang tidak mau disuruh melakukan pekerjaan tertentu. Meski pekerjaan tersebut sebetulnya tidak sulit atau amat ringan bahkan. Pekerjaan yang sederhana dan tidak rumit sama sekali. Malahan tugas atau pekerjaan tersebut adalah kewajibannya juga sebetulnya.

Kita bisa mengambil contoh di kehidupan nyata. Peristiwa tersebut ada di sekitar kita. Kejadiannya juga umum dalam kehidupan sehari-hari. Misal ada seorang kakak meminta untuk adiknya membersihkan kamarnya. Tidak jarang sang adik tidak mau melakukannya. Alasannya cukup dengan satu kata yaitu malas. Ada juga murid yang disuruh mengerjakan PR (pekerjaan rumah). Setelah hari berikutnya ditanya, sudahkah mengerjakan tugas PR tersebut. Anak tersebut menjawabnya belum sama sekali. Setelah ditanya mengapa hal itu dilakukannya. Sang murid menjawab karena malas. Ia malas belajar di rumah. Ada pula seorang karyawan yang kurang disiplin dalam menyelesaikan tugasnya. Sesudah ditanya bosnya, ia menjawab karena malas.

Itulah berbagai fenomena malas di kehidupan nyata. Amat sering terjadi. Tentu hal ini tidak ingin terjadi kepada kita semua. Meskipun kemarin atau dahulu kita pernah mengalami malas. Hari ini dan hari esok kita ingin terhindarkan dari penyakit malas. Sifat malas memang mengganggu produktivitas belajar dan pekerjaan. Mengganggu anak-anak dan siapa saja yang ingin meraih ilmu. Malas belajar menjadikan kita bodoh dan terbelakang secara ilmu. Malas dalam bekerja kita akan kehilangan pendapatan yang cukup. Banyak akibat buruk lainnya dari sifat malas itu.

Salah satu tips untuk menanggulangi malas ialah dengan memperkuat niat dan semangat. Menguatkan tekad untuk berubah menjadi lebih baik lagi. Juga tidak kalah penting bahwa kita perlu mencari manfaat-manfaat dari apa yang akan kita kerjakan. Dengan begitu, akan muncul motivasi. Di samping itu, membaca doa berlindung dari malas sangatlah penting. Doa adalah senjatanya orang yang beriman. Maka tidak boleh meninggalkannya. Mengenai lafazh doanya ialah :

Bacaan Doa Berlindung Dari Malas Latin dan Artinya

Latinnya :
ALLAHUMMA INNI A’UDZU BIKA MINAL ‘AJZI, WAL KASALI, WAL JUBNI, WAL HARAMI, WAL BUKHLI, WA A’UDZU BIKA MIN ‘ADZABIL QOBRI WA MIN FITNATIL MAHYAA WAL MAMAATI.
Artinya :
” Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian.”

Kita mohon kepada Allah subhanahu wa ta’ala agar dilindungi dari rasa malas. Dengan kita mengetahui doanya maka tinggal kita membacanya. Banyak sekali waktu-waktu yang amat bagus untuk kita gunakan berdoa. Misalnya saja saat sesudah selesai melaksanakan shalat wajib yang lima waktu. Kita langsung baca doa tersebut. Atau bisa juga menggunakan waktu-waktu yang lainnya. Intinya, sangat penting untuk kita membaca doa di atas. Siapa saja amat memerlukan doa tersebut. Apa pun profesinya. Berapa pun usianya. Apabila kita seorang pelajar, maka bisa dijadikan doa ini menjadi doa anti malas belajar. Bila kita seorang pelajar, bisa dijadikan menjadi doa anti malas bekerja. Intinya kita ingin ditolong oleh Allah Subhanahu wa ta’ala agar terhindarkan dari kemalasan. Selanjutnya, kita akhirnya menjadi orang yang sukses di dunia dan akhirat. Amiin. Inilah yang menjadi tujuan mulia bagi setiap muslim. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.