Doa Saat Berbuka Puasa Sesuai Sunah Lengkap Arab Latin Dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Sobat ngaji yang berbahagia, mengetahui doa saat berbuka puasa sesuai sunah lengkap arab latin dan artinya menjadi hal yang amat utama. Kita semua tahu bahwasannya yang namanya puasa di bulan ramadhan itu kewajiban. Tiap tahun kita amalkan. Selama sebulan penuh kita menjalankan puasa. Terkadang tiga puluh atau dua puluh sembilan hari. Ibadah puasa juga termasuk rukun Islam yang ketiga setelah yang kedua ialah ibadah shalat wajib lima waktu.

Selama seharian kita tidak makan dan minum serta meninggalkan hal-hal yang bisa membatalkan puasa. Menjalankan ibadah puasa perlu perjuangan. Hati mesti ikhlas menjalaninya sehingga bisa lancar puasanya. Tujuan dari puasa bisa tercapai dengan baik bila kita memang sungguh-sungguh dalam melaksanakannya. Puasa bukan hanya sekedar rutinitas tahunan saja. Ibadah ini merupakan bentuk ibadah yang mesti mendapat perhatian dari kaum muslimin. Sehingga nantinya bisa sukses puasanya.

Seperti yang sudah sering kita dengar dalam berbagai pengajian dan khutbah jumat bahwasannya Allah subhanahu wa ta’ala berfirman di dalam Surat Al-Baqarah ayat 183-185 yang artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.

Setiap tahun kita berpuasa. Tentu saja tidak ingin kita menjadikan puasa hanya sebuah rutinitas yang tidak ada maknanya. Puasa yang kita lakukan diupayakan memberi dampak positif. Dari ayat tersebut dijelaskan bahwasannya tujuan dari orang berpuasa itu salah satunya membentuk diri menjadi orang yang bertakwa. Beruntunglah orang-orang seperti ini. Puasa wajib tersebut bisa menjadikan diri kita sebagai orang yang taqwa. Persis sebagaimana tujuan puasa yang termaktub di dalam ayat 183 Surat Al-Baqarah di atas. Namun, tentu puasa yang benar-benar serius dikerjakan.

Menjadikan puasa kita bisa sukses bukan persoalan yang sederhana. Ada banyak hal yang mesti dilakukan. Dimulai dari persiapan awal sebelum masuk bulan Ramadhan. Tepatnya pada bulan syaban. Pada bulan tersebut disunahkan seseorang untuk menjalankan ibadah puasa syaban. Puasa sunah tersebut bisa menjadi persiapan baik fisik maupun rohani dalam rangka menghadapi datangnya bulan Ramadhan.

Tatkala menjalankan puasa wajib di bulan ramadhan ini pun kita juga perlu memperhatikan berbagai hal. Tidak hanya menahan untuk tidak makan dan minum atau berbagai hal yang membatalkannya. Di saat berpuasa kita tidak boleh pula berkata kasar dan jorok. Dianjurkan pula orang yang berpuasa untuk banyak beramal saleh. Misalnya saja membaca Al-Quran, mendengarkan pengajian, membaca buku-buku agama Islam, bersedekah kepada orang yang memerlukan bantuan, menolong orang fakir miskin, dan masih banyak lagi.

Doa berbuka puasa sesuai sunah

Ketika sudah seharian berpuasa maka akhirnya tiba juga waktu untuk berbuka. Tepatnya di saat sudah masuk waktu shalat maghrib. Pada waktu tersebut kita disunahkan untuk membaca doa berbuka puasa sesuai sunah dengan khusyuk. Mengenai lafadz bacaan doanya yakni:

Doa Berbuka Puasa Lengkap Arab Latin Artinya

Latinnya :
DZAHA BAZHZHAMA U WABTALATIL ‘URUUQU, WA TSABATAL AJRU INSYAA ALLAH.
Artinya :
” Telah hilang dahaga dan urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah.”

Doa ini diambil dari sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud. Jika kita menyimak doanya maka kita akan mengatakan sangat pendek doanya. Akan begitu mudah untuk menghafalkan doa yang pendek ini. Tidak perlu membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk bisa hafal dengan baik. Setelah hafal maka memang perlu untuk mengajarkan pula bacaan doa ini kepada saudara, keluarga maupun teman-teman. Sukses untuk puasanya sehingga akan terbentuklah manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah subhahanu wa ta’ala.

Ada seseorang yang kemudian bertanya mengenai masalah doa berbuka puasa ini. Pertanyaan yakni kapan membacanya. Saat sebelum makan atau minum ketika berbuka puasa atau sesudah makan atau minum ketika berbuka puasa? Ini memang sebuah pertanyaan yang bagus sekali. Amat penting memang mengetahui akan hal yang demikian. Kita akan membahasnya juga di sini. Doa di atas dibaca tepatnya setelah kita membatalkan puasa atau saat berbuka puasa pertama. Misalnya kita berbuka pertama dengan minum maka sesudah itu langsung membaca doa tersebut. Jikalau pada waktu berbuka kita minum air putih tiga tegukkan maka setelah selesai minum itu langsung membaca doa berbuka puasa sesuai sunah itu. Jika saat berbuka kita langsung makan buah kurma atau buah pisang maka sesudahnya kita langsung membaca doa seperti di atas. Kesimpulannya doa ini dibaca tidak sebelum minum atau makan dalam berbuka puasa. Akan tetapi malah sesudahnya. Untuk sebelumnya kita membaca doa sebelum makan seperti biasanya.

Sobat ngaji semua tentu sangat berharap puasa wajibnya sukses dikerjakan. Ibadah puasa wajib di bulan ramadhan ini memang setiap tahun sekali dilaksanakan. Membaca dan membahas doa saat berbuka puasa sesuai sunah lengkap arab latin dan artinya menjadi hal yang amat penting untuk kita lakukan. Buah ibadah yang sukses tentu akan nampak pada perilaku diri kita yang semakin baik dan mantap dalam menjalani hidup. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.