Doa Bacaan Ruku dan Sujud Lengkap Latin serta Artinya

Doa Bacaan ruku dan sujud yang lengkap dengan artinya sangatlah penting untuk kita ketahui. Sobat ngaji semua bisa hitung sendiri berapa kali kita membacanya setiap tahun. Tapi terlalu jauh kita menghitungnya bila setahun. Setiap bulan coba? Kayaknya juga masih terlalu jauh. Coba dalam setiap hari? Bayangkan saja kita ini menjalankan shalat wajib lima waktu tiap hari. Ini belum kalau sobat menambah dengan shalat-shalat sunah yang lain. Padahal, shalat sunah itu ada banyak sekali macamnya.

Untuk shalat wajib atau fardhu ‘ain ini jumlah rakaatnya dalam sehari semalam ada 17. Pada tiap rakaat pasti ada satu ruku dan dua kali sujud. Nah, dalam setiap hari saja kalau kita mau menghitungnya maka akan ketemu berkali-kali kita melakukan ruku dan sujud tersebut. Ada 17 kali melakukan ruku dan 34 kali kita melakukan sujud. Ini belum kalau sobat semua menambah dengan mengerjakan shalat-shalat sunah. Itu baru dalam sehari semalam, lho. Apalagi dalam sebulan atau setahun. Menjadi sangat banyak jumlahnya kita mengerjakan ruku serta sujud ini.

Dengan begitu, kita mesti tahu bacaanya. Sebuah ibadah yang dikerjakan berulang kali dalam sehari semalam seperti ruku dan sujud dalam shalat ini menjadi hal yang sangat penting. Amat penting untuk kita mengetahui salah satunya mengenai bacaannya. Menambah ilmu agama Islam adalah satu kewajiban yang gak boleh ditinggalkan selama kita hidup di dunia ini. Amat rugi kalau kita meninggalkan aktivitas menuntut ilmu agama. Ilmu menjadi penerang jiwa. Jalan untuk meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat. Maka, luangkan waktu untuk tetap belajar agama. Dalam kesempatan yang baik ini kami akan membahas tentang bacaan ruku dan sujud seperti berikut ini. Hendaknya kita membaca dengan benar.

MACAM-MACAM DOA BACAAN RUKU DALAM SHALAT

BACAAN RUKU’ PERTAMA

doa ruku


Latinnya :
SUBHAANAKALLAHUMMA RABBANAA WA BIHAMDIKA ALLAHUMMAGH FIRLII.
Artinya :
” Maha Suci Engkau, ya Allah! Tuhanku, dan dengan pujiMu. Ya Allah! Ampunilah dosaku.”
Dibaca satu kali. Bacaan ini juga bisa dipakai untuk doa saat sujud.

BACAAN RUKU’ YANG KEDUA

bacaan ruku

Latinnya :
SUBHAANADZIL JABARUUTI WAL MALAKUUTI WAL KIB RIYAA I WAL ‘AZHAMAH.
Artinya:
“Maha Suci (Allah) Yang memiliki Keperkasaan, Kerajaan, Kebesaran dan Keagungan”
Bacaan ini juga bisa dipakai untuk doa saat sujud.

BACAAN RUKU’ KETIGA

bacaan ruku

Latinnya :
SUBHAANA RABBIYAL ‘AZHIIM 3 x
Artinya :
“Maha Suci Tuhanku yang Maha Agung”.
Dibaca tiga kali. Bersumber dari hadits riwayat Imam Ahmad.

BACAAN RUKU’ KEEMPAT

bacaan ruku

Latinnya :
SUBBUUHUN QUDDUUS, RABBUL MALAA-IKATI WAR RUUH.
Artinya:
“Mahasuci, Maha Qudus, Rabbnya para malaikat dan ruh -yaitu Jibril-.”
Bacaan ini juga bisa dipakai untuk doa saat sujud.

atau
BACAAN RUKU’ KELIMA

bacaan ruku

Latinnya :
SUBHAANA RABBIYAL ‘ADZIIMI WA BIHAMDIH. 3 x
Artinya :
“Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung dan pujian untuk-Nya”.
Dibaca sampai tiga kali. Sumbernya hadis riwayat Abu Dawud.

BACAAN RUKU’ YANG KEENAM

bacaan ruku

Latinnya :
ALLAHUMMA LAKA RAKA’ATU, WA BIKA AMANTU, WA LAKA ASLAMTU, KHASYA’ULAKA SAM’II WA BASHARII WA ‘AZHMII WA ‘ASHABII WA MASTUQALLA BIHI QADAMI.
Artinya:
“Ya Allah, untuk-Mu aku ruku’. Kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku menyerah. Pendengaranku, penglihatanku, otakku, tulangku, sarafku dan apa yang berdiri di atas dua tapak kakiku, telah merunduk dengan khusyuk kepadaMu.”

Silakan sobat semua untuk memilih salah satu dari bacaan di atas. Kita bisa memilih yang panjang atau pun yang pendek. Aneka doa bacaan ruku di atas menjadi tambahan ilmu bagi kita. Memang benar, bahwa tatkala kita suka membaca maka ilmu pun mudah kita peroleh. Selanjutnya, untuk bacaan sujud bisa kita simak berikut ini.

MACAM-MACAM DOA BACAAN SUJUD DALAM SHALAT

BACAAN SUJUD YANG PERTAMA

bacaan sujud dalam shalat

Latinnya :
SUBHAANA RABBIYAL A’LA. 3 x
Artinya :
“Maha Suci Tuhanku, Yang Maha Tinggi”. Dibaca tiga kali.

BACAAN SUJUD YANG KEDUA

bacaan sujud

Latinnya :
SUBHAANA RABBIYAL A’LA WA BIHAMDIH. 3 x
Artinya :
“Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung dan pujian untuk-Nya”.

BACAAN SUJUD YANG KETIGA

bacaan sujud

Latinnya :
ALLAHUMMAGHFIRLII DZANBII KULLAHU DIQQAHU WA JILLAHU WA AWWALAHU WA AAKHIRAHU WA ‘ALAA NIYYATUHU WA SIRRAHU.
Artinya:
“Ya Allah, ampunilah seluruh dosaku yang kecil dan besar, yang telah lewat dan yang akan datang, yang kulakukan dengan terang-terangan dan yang tersembunyi.”

BACAAN SUJUD YANG KEEMPAT

bacaan sujud

Latinnya :
ALLAHUMMA INNII A’UUDZU BIRIDHAAKA MIN SAKHATIKA WA BIMU’AA FAATIKA MIN ‘UQUUBITIKA WA A’UUDZUBIKA MINKA LAA UHSHII TSANAA-AN ‘ALAIKA ANTA KAMAA ATSNAITA ‘ALA NAFSIKA.
Artinya:
” Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepad-aMu dengan keridhaan-Mu (agar selamat) dari kebencian-Mu, dan dengan keselamatan-Mu (agar terhindar) dari siksaan-Mu. Aku tidak membatasi pujian kepada-Mu. Engkau (dengan kebesaran dan keagungan-Mu) adalah sebagaimana pujian-Mu kepada diri-Mu.”

BACAAN SUJUD YANG KELIMA

bacaan sujud

Latinnya :
ALLAHUMMA LAKA SAJADTU WA BIKA AMANTU WA LAKA ASLAMTU SAJADA WAJHIYA LILLADZII KHALAQAHU WA SHAWWARAHU WA SYAQQAHU WA BA SHARAHU TABAARAKALLAHUMMA AHSANUL KHAALIQIIN.
Artinya:
” Ya Allah, untuk-Mu-lah aku bersujud, kepada-Mu-lah aku beriman, kepada-Mu aku menyerahkan diri, wajahku bersujud kepada Tuhan yang menciptakannya, yang membentuk rupanya, yang membelah (memberikan) pendengarannya, penglihatannya, Maha Suci Allah sebaik baik Pencipta.”

Nah, sekarang tinggal kita menghafalkan doa ruku dan sujud ini dalam shalat. Setelah selesai menghafalkan maka tidak ada salahnya jika kita mencoba memahami arti atau terjemahannya. Mengetahui arti atau terjemahannya ini juga amat penting untuk meningkatkan kekhusyukkan di kala membacanya dalam shalat. Bukankah khusyuk ini sangat penting ketika mengerjakan shalat. Kemudian tinggal kita praktekkan bacaan ruku dan sujud dalam shalat yang telah kita pelajari. Pilih semua atau salah satu saja tidak menjadi masalah. Tentu saja kalau memilih semua tidak lantas semua dibaca dalam setiap kali ruku atau sujud. Caranya dengan bergantian antara macam-macam bacaan tersebut di atas. Tidak lupa untuk kita resapi maknanya. Pelajari juga artinya sehingga memudahkan kita untuk khusyu. Tidak hanya itu, perlu pula mengajarkannya kepada anak-anak di rumah atau siapa saja yang dekat dengan kita. Mereka amat memerlukan pencerahan dari kita. Semoga bermanfaat buat sobat para pembaca sekalian. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.