Cara Memilih Penggaris Untuk Anak

Posted on

Anak-anak yang belajar sangat memerlukan yang namanya penggaris. Utamanya mereka yang sudah masuk usia sekolah. Berbagai mata pelajaran di sekolah memerlukan penggaris. Perlengkapan alat tulis ini akhirnya mesti selalu dibawa untuk segala kegiatan belajar. Baik itu di sekolah atau ketika belajar kelompok ke tempat teman sekolah. Mesti membawa yang penggaris yang dimiliki.

Dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi, penggaris ini tetap diperlukan. Untuk salah satu mata pelajaran sekolah yang paling sering memakai penggaris ialah matematika atau ilmu hitung. Penggaris memang fungsi utamanya sebagai alat ukur. Di sisi penggaris tertera angka-angka yang bisa digunakan untuk mengukur panjang sebuah benda. Baik itu satuannya berupa centimeter atau inchi.

Dari angka-angka itu, bisa dimanfaatkan untuk mengukur sebuah benda. Terkait mengukur ini memang hal yang sangat penting. Sebab setiap benda pastinya punya ukuran tertentu. Selain sebagai peralatan untuk mengukur panjang dari sebuah benda. Penggaris juga bisa dipakai untuk menulis sebuah garis lurus pada sebuah kertas. Penggaris ada berbagai macam, diantaranya: penggaris lurus, penggaris segitiga, penggaris lipat, penggaris pencetak lingkaran, dan lain-lain.

Begitu pentingnya penggaris bagi anak kita. Maka kita mesti memiliki penggaris yang baik. Nah, tidak sedikit orang yang bingung terkait bagaimana memilih penggaris untuk anak kita yang sekolah. Maka penulis berkeinginan untuk menjelaskan bagaimana cara memilih penggaris untuk anak. Sobat, silakan simak caranya berikut ini.

  1. Pilih penggaris berdasarkan bahan pembuatnya
    Setiap penggaris punya bahan tertentu untuk membuatnya. Bahan material penggaris akan menentukan kualitas penggaris yang kita pakai. Tidak salah juga bahwa material bahan penggaris itu juga akan berpengaruh terhadap harganya. Bahan material penggaris yang biasa ada di pasaran diantaranya penggaris yang terbuat dari plastik, kayu, dan besi. Bahan yang paling sering digunakan untuk penggaris adalah plastik. Harganya pun lebih murah.
  2. Lihat skala yang ada di penggaris
    Mengenai skala ini sangat penting untuk diperhatikan. Dalam penggaris itu pasti ada skalanya. Pastikan kita memilih penggaris yang jelas skalanya. Kalau tulisan skala pada penggaris itu jelas maka dalam menggunakannya pun kita akan lebih mudah. Khususnya kalau kita ingin mengukur sebuah benda. Lain cerita bila skala yang tertera di penggaris kurang jelas. Akan kesulitan kita memakai penggaris tersebut.
  3. Cek bagaimana berat penggaris tersebut
    Penggaris pastinya punya berat. Sebelum kita membeli penggaris maka sebaiknya pilih penggaris yang ringan. Saat kita menggunakan dan membawanya maka akan ringan dan nyaman tentunya.
  4. Pilihlah penggaris yang anti selip
    Sebaiknya kita memilih penggaris yang tidak selip. Biasa disebut penggaris anti selip. Dengan kita memilih penggaris yang licin maka kita akan lebih stabil kala menggunakannya. Digeser-geser ke arah mana pun tetap nyaman dan stabil. Saat dipakai untuk membuat garis juga akan lebih presisi. Kala dipakai memotong kertas pun juga menjadi presisi.
  5. Penggaris tersebut dapat mencegah noda tinta menyebar
    Kadang saat kita membuat garis dengan penggaris di atas kertas akan muncul noda tinta yang menyebar. Akibatnya, bentuk garis kurang bagus dan kotor dimana-mana. Sebaiknya, saat kita membeli penggaris kita perlu pilih penggaris yang ada fitur mencegah noda tinta menyebar.

Itulah beberapa tips penting dalam memilih penggaris. Sobat semua tentu memerlukan tips seperti ini. Meskipun sederhana tetapi akan banyak sekali manfaat yang diperoleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *