Beginilah Cara Memilih Hewan Kurban

Posted on

Sebentar lagi akan tiba hari raya idul adha. Sering pula disebut sebagai hari raya kurban. Pada hari tersebut, umat Muslim diperintahkan untuk menyembelih hewan kurban. Kegiatan menyembelih hewan kurban ini menjadi hal rutin dilakukan setiap tahun. Kaum muslimin biasanya melakukan prosesi ibadah penyembelihan hewan kurban ini di lingkungan masjid terdekat.

Kegiatan dikoordinir oleh sebuah panitia kecil di kampung. Panitia inilah yang mengurus segala perlengkapan dan peralatan dalam menyembelih hewan kurban. Memilih pisau yang tajam juga termasuk hal yang diperlukan. Dengan pisau yang tajam maka kesempurnaan penyembelihan hewan kurban dapat tercapai. Menyembelih dengan benar dan memakai pisau yang benar-benar tajam merupakan akhlak yang baik. Hal ini harus diperhatikan dalam menyembelih hewan baik itu hewan kurban maupun menyembelih selain hewan kurban.

hewan kurban

Selanjutnya, persiapan lokasi penyembelihan juga mesti dilakukan. Lokasi tersebut mudah untuk digunakan menyembelih hewan kurban. Termasuk pula perlu dibuat atap agar para petugas penyembelihan dan panitia lainnya bisa terlindung dari panasnya sinar matahari serta air hujan. Tempat untuk membagi daging kurban pun juga penting. Bagaimana pun ketika hewan kurban telah disembelih maka selanjutnya dipotong-potong dagingnya menjadi ukuran kecil. Kemudian daging-daging tersebut dimasukan ke dalam kantong plastik atau tempat lainnya. Langkah selanjutnya tinggal dibagi-bagikan ke masyarakat. Terkhusus kepada kaum dhuafa yang amat memerlukan. Data para penerima hewan kurban juga perlu ada supaya tidak ada kesulitan ketika hendak membagi.

Cara memilih hewan kurban

Tidak lupa pula untuk mempersiapkan hewan kurban. Hewan yang bisa dipakai untuk berkurban adalah unta, sapi, kambing, dan domba. Beberapa hal yang perlu untuk kita ketahui dalam memilih hewan kurban adalah

  1. Mengecek usianya hewan kurban
    Sebelum kita membeli hewan kurban maka kita perlu mengecek usia atau umur hewan kurban tersebut. Untuk sapi usianya dua tahun, kambing satu tahun, dan domba setengah tahun. Kalau untuk unta maka umur hewan tersebut minimal lima tahun.
  2. Hewan kurban tersebut benar-benar sehat
    Kita perlu mengecek langsung mengenai hewan kurban tersebut. Kesehatan hewan yang akan kita beli dan pilih menjadi hewan kurban. Untuk hewan yang sehat umumnya memiliki ciri-ciri seperti di bawah ini.
    a. Hewan tersebut gemuk. Secara fisik maka kita bisa melihat antara hewan yang gemuk dan kurus.
    b. Muka hewan terlihat cerah.
    c. Bulu hewan mengkilat serta jelas-jelas terlihat bersih.
    d. Gerak hewan sangat lincah.
    e. Pada bagian mata, mulut, hidung, dan telinga terlihat normal. Bagian-bagian tersebut juga mesti dalam kondisi bersih.
    f. Suhu dari hewan tersebut normal atau tidak terkena demam. Kisaran suhu yang normal dari hewan kurban sekitar 37 derajat Celcius.
    g. Makan dengan normal atau tidak susah makan

Pada beberapa daerah terdapat hewan kurban yang memiliki sertifikat kesehatan atau semacam surat keterangan sehat untuk hewan. Seperti ini menjadikan hal yang bisa menambah referensi di kala kita hendak membeli hewan kurban.

  1. Hewan kurban tersebut tidak cacat
    Hewan yang bisa digunakan untuk berkurban adalah yang tidak cacat. Ada beberapa jenis cacat hewan yang menjadikan hewan tersebut tidak sah untuk berkurban. Pertama, hewan yang matanya salah satu atau keduanya buta maka tidak boleh digunakan untuk berkurban. Masalah buta ini juga mesti jelas terlihat tidak hanya berdasar pada keraguan saja. Kedua, hewan kurban tidak dibolehkan dipilih dari yang terkena sakit yang benar-benar nampak. Sakitnya hewan juga berpengaruh kepada kualitas dagingnya. Ketiga, hewan kurban tidak boleh pincang. Jika terdapat kaki hewan terpotong maka ini pun juga menjadikan hewan tersebut tidak sah untuk kurban. Hanya pincang saja tidak boleh apalagi kalau tidak ada kakinya hewan itu. Keempat, hewan yang amat kurus tidak diperbolehkan untuk berkurban.
  2. Memilih tempat pembelian hewan kurban yang baik
    Menjelang tibanya hari raya idul adha maka biasanya akan muncul tempat-tempat penjualan hewan kurban. Hadirnya para penjual hewan kurban memberi kemudahan untuk kita semua yang sedang mencari hewan kurban. Namun begitu, kita selayaknya memilih tempat yang memang terpercaya. Tempat tersebut menjual hewan kurban yang memenuhi syarat dan berkualitas. Sebaiknya juga memilih tempat penjual hewan kurban yang bisa diambil pada hari-hari menjelang pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.

Penyiapan hewan kurban ini penting untuk dilakukan. Jauh-jauh hari harus dipersiapkan dengan baik. Biasa kita temui orang yang membeli hewan kurban itu sebulan sebelum hari idul adha. Tujuannya tentu untuk mendapat hewan kurban yang lebih murah dan baik.

sumber:

https://poskajian.blogspot.com/2020/07/cara-memilih-hewan-kurban-yang-baik.html