Beginilah Cara Mencuci Baju Secara Islami

Beginilah Cara Mencuci Baju Secara Islami

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh. Sebagai seorang muslim kita mesti mengetahui berbagai hal yang penting dalam kehidupan. Termasuk di dalamnya segala kegiatan yang sering kita lakukan daam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali kegiatan kita sehari-hari itu bila kita mau merincinya. Diantara aktivitas harian itu yakni: makan, minum, mandi, buang air kecil atau besar, berjalan, masuk rumah, keluar rumah, berbicara, menyikat gigi, membersihkan rumah, merapikan kamar, memakai pakaian, melepas pakaian, mencuci piring atau gelas dan mencuci baju. Kesemuanya hampir tiap hari kita kerjakan. Aktivitas tersebut juga tidak meninggalkan doa kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Sebagai contoh, kita membaca doa memakai pakaian biasa saat akan mengenakannya. Masih banyak lagi contoh doa yang mesti dibaca dalam keseharian kita.

Satu hal yang perlu kita perhatikan di dalam beberapa aktivitas tersebut yakni mencuci baju atau pakaian. Setiap kita pasti punya pakaian. Dalam setiap pakaian yang dipakai itu mesti akan kotor dan harus dicuci supaya menjadi bersih lagi. Barulah kalau sudah bersih maka bisa dipakai kembali. Namun, sudahkan anda tahu bagaimana mencuci pakaian sesuai syariat Islam? Bila mana belum tahu maka penting sekali untuk mengetahui caranya. Kalaupun sudah mengetahui maka tetap saja kita perlu mengulasnya lagi supaya menjadi lebih paham. Alangkah baiknya bila pada kesempatan ini kita menyimak uraian cara mencuci baju berikut ini.

  1. Seleksilah baju yang akan kita cuci.
    Pisahkan antara baju yang terkena najis dan bau yang hanya kotor biasa saja. Hal ini dimaksudkan agar menghindari najis yang ada di baju menyebar ke baju yang lainnya. Kita bisa membayangkan bila baju yang terkena najis dan yang bukan terkena najis dicampurkan menjadi satu. Semuanya tentu malah menjadi terkena najis.
  2. Baju yang terkena najis hendaknya dibersihkan.
    Untuk baju yang terkena najis maka sebaiknya langsung dibersihkan dahulu. Bisa dengan mengguyurkan air lalu menyikatnya dengan deterjen. Sehingga najis sudah benar-benar bersih.
  3. Mencuci baju sebaiknya dengan deterjen
    Lalu sekarang tinggal mencuci baju secara keseluruhan dengan deterjen. Uceklah baju sampai bersih. Bisa pula dengan menggunakan mesin cuci.
  4. Bilas hingga bersih
    Setelah mencuci seluruh baju dengan bersih maka perlu sekali untuk membilasnya. Membilas hendaknya dengan air yang bersih. Akan lebih baik lagi bila cara pembilasan dengan menggunakan air yang mengalir.
  5. Jemur pakaian atau baju di tempat yang kering
    Menjemur pakaian menjagi kegiatan paripurna dalam mencuci baju. Akan lebih baik bila menjemur pakaian di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Dengan panasnya sinar matahari tersebut maka tidak butuh waktu yang lama dalam mengeringkannya. Baju pun kini sudah siap untuk dipakai kembali.

Nah, beginilah tips atau cara mencuci baju secara Islami. Akhirnya kami mohon maaf bila ada salah dan kurangnya. Semoga artikel ini memberi manfaat kepada seluruh sobat semuanya. Wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *