Bacaan Ayat Kursi Lengkap Dengan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Kita perlu untuk mempelajari bacaan ayat kursi lengkap dengan artinya. Bukankah begitu sobat ngaji sekalian? Yang namanya ayat kursi ini sebetulnya adalah Surat Al-Baqarah ayat 255. Namun, lebih dikenal ayat tersebut dengan nama ayat kursi. Tak heran bila ada sebagian orang yang tidak tahu bahwasanya ayat kursi itu adalah Surat Al-Baqarah ayat 255.

Untuk lebih jelasnya sobat ngaji bisa menyimak ayat tersebut:

Bacaan Ayat Kursi

“ALLAHULAA ILAAHA ILLAA HUWAL HAYYUL QAYYUUM, LAA TAKHUDZUHUU SINATUW WA LAA NAUM, LAHUU MAA FISSAMAAWAATI WA MAAFIL ARDH. MANDZAL LADZII YASYFA’U INDAHUU ILLAA BI IDZNIH, YA’LAMU MAA BAINA AYDIIHIM WA MAA KHALFAHUM, WA LAA YUHIITHUUNA BISYAI’IM MIN ILMIHII ILLAA BIMAA SYAA, WASI’A KURSIYYUHUS SAMAAWAATI WAL ARDHA WA LAA YA UUDUHUU HIFZHUHUMAA WA HUWAL ALIYYUL AZHIIM”.

Artinya :
“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha besar.”

Agar sobat semua bisa lebih mudah dalam menghafalnya maka perlu membaca ayat tersebut berulang kali. Tidak hanya membaca sekali dua kali saja. Tetapi perlu dibaca berulang kali. Tatkala sedang melaksanakan shalat wajib atau pun sunah maka sebaiknya memilih ayat kursi ini. Tepatnya dibaca setelah Surat Al-Fatihah.

Ayat kursi bisa dibaca pada berbagai kesempatan. Termasuk waktu membacanya bisa kapan saja selagi memang pantas. Ada beberapa waktu yang bagus untuk membaca ayat kursi atau ayat kursy ini. Waktu yang dimaksud adalah:

  1. Ketika telah selesai melaksanakan shalat wajib lima waktu
    Saat kita sudah selesai shalat wajib maka janganlah langsung beranjak pergi. Akan lebih baik dimanfaatkan untuk berdzikir dan juga berdoa. Termasuk pula dengan membaca ayat kursi ini. Hal ini berdasarkan pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh An-Nasai, yang artinya: “Siapa membaca ayat Kursi setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.
    Maksud dari hadits di atas yakni ketika mati tidak akan ada yang menghalanginya untuk masuk Surga.
  2. Dibaca ketika pagi dan petang
    Sangat bagus bila setiap muslim membaca ayat kursi di waktu pagi dan juga saat petang. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Al-Hakim, yang artinya: Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga petang. Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi hingga pagi.
    Di kala pagi sebelum setelah selesai shalat subuh maka bisa dipakai untuk membaca ayat kursi dengan baik. Demikian pula saat petang atau setelah selesai menjalankan shalat asar. Bagus dipakai untuk membaca ayat kursi.
  3. Dibaca saat sebelum tidur
    Ketika kita sudah membaca doa sebelum tidur maka kita bisa tambahkan bacaan lainnya. Kita bisa membaca ayat kursi ini. Membaca ayat kursi ketika sebelum tidur akan sangat bermanfaat. Manfaat dari membaca ayat kursi sebelum hendak tidur yakni kita akan terjaga dari segala gangguan setan saat kita sedang tidur.

Itulah bacaan dari ayat kursi. Termasuk pula dibahas mengenai beberapa waktu yang bagus untuk dipakai membaca ayat kursi ini. Ada berbagai keutamaan dari siapa saja yang membaca ayat kursi ini. Demikian ulasan singkat ini. Kiranya tulisan ini bermanfaat bagi sobat ngaji semuanya.